Kemendagri Dukung Penguatan Ideologi dan Wawasan Kebangsaan di Daerah

Jum'at, 20 Januari 2023 - 19:48 WIB
loading...
Kemendagri Dukung Penguatan Ideologi dan Wawasan Kebangsaan di Daerah
Rapat Fasilitasi dan Pembinaan Kelompok Masyarakat dalam Rangka Penguatan Ideologi Kebangsaan dan Wawasan Kebangsaan di Aula Pertemuan Badan Kesbangpol Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat (20/1/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat hingga saat ini ada sebanyak 514.656 organisasi kemasyarakatan (ormas) di Indonesia. Keberadaan mereka perlu dikelola dan didukung sesuai dengan bidangnya.

Hal ini diungkapkan Analis Kebijakan Ahli Madya Subdit Kemitraan dan Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Kemendagri, Prayogo Hari Cahyono dalam Rapat Fasilitasi dan Pembinaan Kelompok Masyarakat dalam Rangka Penguatan Ideologi Kebangsaan dan Wawasan Kebangsaan. Kegiatan hasil kerja sama dengan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) ini digelar di Aula Pertemuan Badan Kesbangpol Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat (20/1/2023).

"Kemendagri sebagai panitia seleksi akan melakukan verifikasi data bagi pengurus ormas yang ikut menjadi peserta pendidikan wawasan kebangsaan yang dilaksanakan oleh Lemhannas hari ini," ujar Prayogo yang hadir mewakili Direktur Organisasi Kemasyarakat, Ditjen Politik dan PUM Kemendagri, Risnandar Mahiwa.

Menurutnya, Kemendagri sebagai pembina ormas yang terdaftar di pemerintah telah melakukan pemberdayaan. Salah satunya menjalin kemitraan dengan mendukung kegiatan ormas sesuai bidangnya.

Tenaga Ahli Profesional Bidang Sosial Budaya dan Politik Dalam Negeri Lemhannas Gusnar Ismail mengharapkan ormas menjalin komunikasi dengan pemerintah, baik di pusat, daerah, dan Bakesbangpol. "Tentu dengan tidak menghilangkan kritik membangun untuk keberhasilan dalam pembangunan nasional dan demokrasi sesuai Pancasila," katanya.

Divisi Hukum dan Sengketa Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur, M Ramli memaparkan, hasil Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) di Kaltim mendapat urutan ke-5 terbesar di Indonesia. Ini merupakan peringatan bagi semua pihak terkait, sehingga adanya upaya maksimal dapat menyelesaikan masalah-masalah sejak dini.

"Kerawanan Pemilu disebabkan antara lain karena banyaknya petahana yang melakukan kampanye terselubung dan hal lain karena teknis pendidikan pemilih masih terbatas. Antisipasi kerawanan pemilu dapat dilakukan salah satunya dengan sinergitas ormas untuk mengawasi jalannya pemilu sehingga berjalan kondusif," kata Ramli.

Kepala KPU Provinsi Kalimantan Timur, Rusdiansyah menjelaskan pentingnya penguatan ideologi kebangsaan dan wawasan kebangsaan dalam menyukseskan Pemilu serentak 2024. Ia pun berharap ormas berperan aktif dalam menyebarluaskan informasi mengenai tahapan, jadwal, dan program pemilihan.

"Meningkatkan pengetahuan pemahaman kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam memilih, meningkatkan partisipasi dalam pemilihan di daerah masing-masing," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Timur, Sufian Agus yang membuka acara menjelaskan, tantangan besar bangsa Indonesia, bukan hanya mempertahankan kelangsungan hidup yang berdaulat, tapi mewujudkan NKRI menjadi negara yang lebih maju.

"Kehadiran seluruh elemen bangsa ikut berperan dalam kemajuan pembangunan nasional, termasuk eksistensi ormas sebagai wadah berserikat berkumpul. Ormas merupakan potensi kolektif yang harus dikelola sehingga tetap menjadi energi positif dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3546 seconds (0.1#10.140)