Ketua Umum PP Muhammadiyah Setelah Amien Rais, Din Syamsuddin Menjabat 10 Tahun

Jum'at, 11 November 2022 - 09:27 WIB
Buya Syafii kemudian menjadi guru di Sekolah Muhammadiyah, Lombok Timur, NTB pada 1957. Kemudian, menjadi dosen di sejumlah universitas, antara lain Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dan IKIP Yogyakarta.

Kemudian, Buya Syafii menjadi Wakil Ketua PP Muhammadiyah (1995-1998), kemudian menjadi Ketua PP Muhammadiyah (1998-2000) menggantikan Amien Rais yang terjun ke dunia politik dengan mendirikan Partai Amanat Nasional (PAN). Pada Muktamar ke-44 Muhammadiyah Tahun 2000 di Jakarta, Buya Syafii kemudian terpilih kembali menjadi Ketua PP Muhammadiyah (2000- 2005).



Buya Syafii meninggal dunia di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta, pukul 10.15 WIB, Jumat (27/5/2022). Jenazahnya dimakamkan di Taman Makam Husnul Khotimah, Kulon Progo, DIY.

2. Din Syamsuddin



Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, dikenal dengan nama populer Din Syamsuddin, lahir di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), 31 Agustus 1958. Din adalah Ketua Umum PP Muhammadiyah selama dua periode atau 10 tahun.

Din bersekolah di Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah Nahdhatul Ulama (NU) Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB). Seusai menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah, Din melanjutkan pendidikannya ke Pondok Pesantren Darussalam Gontor, Jawa Timur dan selesai pada tahun 1975.

Din melanjutkan kuliah di IAIN Syarif Hidayatullah di Fakultas Ushuluddin, Jurusan Perbandingan Agama dan sukses meraih gelar sarjananya pada tahun 1982. Seusai meraih gelar sarjana, Din menuntut ilmu master dan doktornya di luar negeri. Din kuliah di University of California, Los Angels (UCLA), Amerika Serikat, Interdepartmental Programme in Islamic Studies.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More