Fakta-fakta Pertempuran 10 November 1945

Kamis, 10 November 2022 - 10:30 WIB
Salah satu suasana pertempuran Surabaya. Rakyat bersama pejuang Surabaya (arek-arek Suroboyo) sedang menghadapi tentara Sekutu. FOTO/Indonesian Press Photo Service/ANRI
JAKARTA - Pertempuran 10 November 1945 yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur menjadi dasar penetapan Hari Pahlawan . Perang perdana setelah Proklamasi Kemerdekaan RI itu yang berlangsung selama 3 pekan (27 Oktober-20 November 1945) menyebabkan sekitar 20.000 rakyat Indonesia gugur.

Berikut ini fakta-fakta pertempuran 10 November 1945:

1. Tewasnya Jenderal Mallaby

Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya dipicu tewasnya perwira kerajaan Inggris, Jenderal Mallaby. Pada saat itu tentara sekutu yang dipimpin oleh Jenderal Mallaby datang ke Surabaya untuk melakukan aksi seremonial dan berjalan ke berbagai sudut kota untuk melihat situasi yang sedang terjadi.

Namun nahas, Jenderal Mallaby tewas pada akhir 30 Oktober 1945 karena mobil yang digunakan hangus terbakar. Namun terkait kematian perwira Inggris itu masih menjadi perdebatan karena banyaknya berita simpang siur yang tersebar. Ada yang menyebut bahwa ia meninggal karena ditembak, tapi ada juga yang mengatakan bahwa meninggalnya Mallaby karena granat dari anak buahnya yang berusaha melindungi.



Baca juga: Profil Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, Pahlawan Nasional Mantan Kapolri 1945

2. Inggris Menyerbu Penjara

Pasukan Inggris menyerbu penjara Kalisosok dan membebaskan orang Belanda yang ditangkap oleh pejuang kemerdekaan. Tentara Inggris mulai berontak terhadap perjanjian sebelumnya. Pada 27 Oktober 1945, Inggris menuntut dan mengancam seluruh penduduk Surabaya untuk mengembalikan semua persenjataan dan perlengkapan militer kepada Inggris.

3. Serangan Darat, Laut, dan Udara
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More