Intensitas Bencana Diprediksi Meningkat Dalam Tiga Bulan

Rabu, 09 November 2022 - 10:40 WIB
Muhadjir pun menyampaikan lima pesan dalam penanganan bencana. Pertama, kejadian bencana saat ini spektrumnya luas dan berhimpitan dengan faktor ekonomi sehingga perlu pendekatan yang berbasiskan kesejahteraan.

Kedua, senantiasa membangun kapasitas atau kemampuan dan kapabilitas dalam menangani bencana. Ketiga, mengutamakan pencegahan atau pengurangan resiko bencana dengan memaksimalkan pemantauan dan selalu siap bila dibutuhkan sewaktu-waktu dalam darurat bencana atau pasca bencana.

Keempat, melibatkan partisipasi semua pihak sesuai dengan kapasitas masing-masing bersinergi dan berkoordinasi dalam pelaksanaan di lapangan. Dan kelima, mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat untuk cinta melestarikan lingkungan.

Muhadjir meminta agar semua masyarakat tetap waspada terhadap potensi bencana. “Saya selaku Menko PMK meminta kita semua untuk terus waspada, berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan terus meningkatkan kapasitas agar kita bisa mengatasi bencana demi bencana,” kata Muhadjir.

Muhadjir juga mengatakan saat ini arah kebijakan penanggulangan bencana dalam perencanaan pembangunan nasional adalah mengurangi risiko bencana dan meningkatkan ketangguhan pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha dalam menghadapi bencana.

“Bencana adalah urusan bersama. Untuk itu penanggulangan bencana bukan hanya menjadi tugas pemerintah semata namun memerlukan dukungan berbagai pihak seperti akademisi, dunia usaha, masyarakat, lembaga-lembaga filantropi dan juga mass media,” paparnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(muh)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More