Mengenal Kodam serta 15 Wilayahnya di Indonesia

Kamis, 01 September 2022 - 06:28 WIB
Kodam ini bermarkas di Jalan Raden Wijaya Nomor 1, Surabaya, Jawa Timur. Wilayah Kodam ini meliputi Provinsi Jawa Timur.

Kodam ini membawah Korem 081/Dhirotsaha Jaya (DSJ) di Madiun, Korem 082/Citra Panca Yudha Jaya (CPYJ) di Mojokerto, Korem 083/Baladhika Jaya (BDJ) di Malang, dan Korem 084/Bhaskara Jaya (BJ) di Surabaya.

6. Kodam VI/Mulawarman

Markasnya di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 17, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Wilayahnya meliputi Provinsi Kalimantan Selatan, Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Kodam ini membawahi Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) di Samarinda, Korem 092/Maharajalila (MRL) di Tanjung Selor, dan Korem 101/Antasari (ANT) di Banjarmasin.

7. Kodam XIV/Hasanuddin

Markasnya di Jalan Urip Sumoharjo, Panaikang, Panakkukang, Panaikang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Wilayahnya meliputi Provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara dan membawahi Korem 141/Toddopuli (TDP) di Watampone, Korem 142/Taroada Tarogau (TTG) di Mamuju, dan Korem 143/Halu Oleo (HO) di Kendari.

8. Kodam IX/Udayana

Kodam ini bermarkas di Jalan Udayana Nomor 1, Dauh Puri Kangin, Denpasar Barat, Denpasar, Bali. Wilayahnya meliputi meliputi daerah Kepulauan Nusa Tenggara.

Kodam Udayana membawahi Korem 161/Wira Sakti (WS) di Kupang, Korem 162/Wira Bhakti (WB) di Mataram, dan Korem 163/Wira Satya (WSA) di Denpasar.

9. Kodam XII/Tanjungpura

Wilayahnya meliputi Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Kodam ini membawahi Korem 102/Panju Panjung (PJG) di Palangka Raya dan Korem 121/Alambhana Wanawai (ABW) di Sintang.

Kodam ini bermarkas di Jalan Alianyang Nomor 1, Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

10. Kodam XVI/Pattimura

Markasnya di Jalan Makodam Nomor 1, Kelurahan Rijali, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku. Wilayahnya meliputi daerah Kepulauan Maluku dan membawahi Korem 151/Binaiya (BNY) di Ambon dan Korem 152 Baabullah (BBL) di Ternate.

11. Kodam XVII/Cenderawasih

Markas Kodam ini di Jalan Polimak IV Atas Kota Jayapura, Papua. Wilayahnya meliputi Provinsi Papua Tengah, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

Kodam ini membawahi Korem 172/Praja Wira Yakthi (PWY) di Jayapura, Korem 173/Praja Vira Braja (PVB) di Biak Numfor, dan Korem 174/Anim Ti Waninggap (ATW) di Merauke.

12. Kodam Jaya/Jayakarta

Kodam ini bermarkas di Jalan Mayjen Sutoyo Nomor 5 Cililitan, Kramatjati, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Wilayahnya meliputi Provinsi Jakarta Raya. Kodam ini membawahi Korem 051/Wijayakarta (WKT) di Bekasi dan Korem 052/Wijayakrama (WKR) di Tangerang.

13. Kodam Iskandar Muda

Wilayahnya meliputi Provinsi Aceh dan bermarkas di Jalan Nyak Adam Kamil II, Neusu Jaya, Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Kodam ini membawahi Korem 011/Lilawangsa (LW) di Lhokseumawe dan Korem 012/Teuku Umar (TU) di Meulaboh.

14. Kodam XIII/Merdeka

Markasnya di Jalan 14 Februari, Kota Manado, Sulawesi Utara. Wilayahnya meliputi Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah.

Kodam ini membawahi Korem 131/Santiago (STG) di Manado, Korem 132/Tadulako (TDL) di Palu, dan Korem 133/Nani Wartabone (NWB) di Gorontalo.

15. Kodam XVIII/Kasuari

Wilayahnya meliputi Provinsi Papua Barat. Markasnya di Kampung Arfai, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, Papua Barat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More