Penerapan Dasa Darma Pramuka dalam Kehidupan Sehari-hari, Yuk Praktikkan

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 21:36 WIB
Anggota Pramuka mengikuti upacara di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Anggota Pramuka perlu menerapkan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Foto/Dok SINDOnews
JAKARTA - Dasa Darma Pramuka tentu tak asing lagi bagi kita yang pernah ikut ekstrakurikuler pramuka maupun bagi yang masih aktif di Gerakan Pramuka. Dasa Darma Pramuka memuat nilai-nilai kepramukaan yang juga baik diterapkan sehari-hari.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata 'Dasa' berarti sepuluh. Kemudian, 'Darma' berarti kewajiban; tugas hidup; kebajikan. Sementara, 'Pramuka' adalah akronim Praja Muda Karana; organisasi untuk pemuda yang mendidik para anggotanya dalam berbagai keterampilan, disiplin, kepercayaan pada diri sendiri, saling menolong, dan sebagainya.

Dalam UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, perihal Dasa Darma Pramuka ini ada dalam pasal 6 ayat (2) yang berbunyi: Kode kehormatan pramuka terdiri atas Satya Pramuka dan Darma Pramuka. Selanjutnya, di ayat (5) tertulis: Darma Pramuka sebagaimana dimaksud pada ayat (2) berbunyi: Pramuka itu:

a. takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

b. cinta alam dan kasih sayang sesama manusia;



c. patriot yang sopan dan kesatria;

d. patuh dan suka bermusyawarah;

e. rela menolong dan tabah;

f. rajin, terampil, dan gembira;
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More