Sangar! Ini Tank Tempur Andalan TNI yang Disegani Dunia, Nomor 9 Buatan Anak Bangsa

Kamis, 21 Juli 2022 - 06:02 WIB
Sejumlah tank tempur andalan TNI siap menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Foto/SINDOnews
JAKARTA - Sejumlah tank tempur andalan TNI siap menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tak dipungkiri, tank merupakan alutsista yang memiliki kemampuan tempur mumpuni di medan perang dan sangat membantu pergerakan prajurit di medan operasi.

Ada banyak jenis kendaraan lapis baja yang dioperasikan TNI. Tank-tank modern yang dilengkapi dengan teknologi canggih tersebut tidak hanya dibuat oleh industri pertahanan luar negeri tapi juga industri pertahanan dalam negeri hasil karya anak bangsa.

Saat ini, tank-tank tersebut memperkuat Batalyon Kavaleri TNI Angkatan Darat (AD) dan Korps Marinir Angkatan Laut (AL). Berikut ini tank-tank andalan TNI.

1. Tank PT 76





Tank ringan buatan Uni Soviet ini masih memperkuat Korps Marinir TNI AL. Nama lengkap tank PT-76 ialah Plavayushchiy Tank–76. Nomor 76 merujuk pada kaliber senjata utama tank amfibi ini yaitu meriam D-56T kaliber 76,2 mm.

Meski dibuat di era Uni Soviet, namun tank yang difungsikan dalam misi pengintaian dan bantuan tempur ini sudah ditingkatkan sistem persenjataannya Cockerill MK3M kaliber 90 mm.

2. Tank AMX 10 PAC 90

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More