Kisah Muhammad Fauzan, Pemuda yang Bersepeda 6 Bulan demi Berhaji di Arab saudi

Rabu, 01 Juni 2022 - 11:03 WIB
Muhammad Fuzan disambut jajaran Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Arab Saudi di Riyadh. Foto/muhammadiyah.or.id
JAKARTA - Muhammad Fauzan, kader Muhammadiyah berusia 28 tahun membuat geger. Bagaimana tidak, pemuda asal Magelang Jawa Tengah ini mengayuh sepeda hingga melewati sejumlah negara di Asia Tenggara untuk sampai Arab Saudi agar bisa melaksanakan ibadah haji.

Dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, Rabu (1/6/2022), Fauzan telah bersepeda sejak November 2021. Dia singgah di Singapura, Malaysia, dan Thailand. Dari negara terakhir, Fauzan lalu menempuh perjalanan udara dengan pesawat ke Arab Saudi. Pada Kamis (26/5/2022), dia riba di ibu kota Riyadh.





Kedatangan Fauzan disambut Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Arab Saudi. PCIM lalu mendampinginya untuk melakukan sejumlah pertemuan dengan berbagai termasuk dengan Duta Besar RI Abdul Aziz Ahmad dan Wakil Kepala Perwakilan RI Arief Hidayat.

Dalam pertemuan itu, Fauzan bercerita tentang motivasinya bersepeda hingga ke Arab Saudi adalah keinginan kuatnya untuk beribadah Haji. Tidak lupa juga berkisah seputar terjalnya perjalanan dari Indonesia hingga sampai Riyadh.

"Kuatnya tekad mengunjungi rumah Allah dan mengikuti ibadah haji menjadi motivasi bagi Fauzan untuk terus mengayuh sepeda," tulis laman tersebut.

Abdul Aziz Ahmad memberikan beberapa arahan di antaranya untuk menghubungi teknis haji Konsul Jenderal RI (KJRI) di Jeddah yang dan akan memberikan surat pengantar ke sana.

"Dia juga berpesan kepada Fauzan untuk menjaga kesehatannya mengingat cuaca di Arab Saudi saat ini adalah musim panas dengan suhu di atas 40 dan memperhatikan peraturan-peraturan yang ada di negara tersebut," tuturnya.
(muh)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More