Ini Julukan Indonesia di Mata Dunia, Nomor Terakhir Sering Digaungkan Prabowo

Rabu, 18 Mei 2022 - 16:12 WIB
Adapun kata khatulistiwa karena ada wilayah Indonesia yang dilintasi garis ekuator atau juga disebut garis khatulistiwa. Wilayah itu adalah Kota Pontianak. Atas dasar itu, maka Indonesia mendapatkan julukan Zamrud Khatulistiwa.

4. Paru-paru Dunia

Posisi geografis Indonesia yang berada di garis khatulistiwa membuat pohon-pohon tumbuh subur. Tak heran jika kemudian Indonesia salah satu negara yang memiliki hutan hujan tropis terluas di dunia. Hutan ini menjadi sumber oksigen sehingga Indonesia dijuluki Paru-Paru Dunia.

5. Negeri Seribu Candi

Indonesia kaya sejarah budaya dan memiliki banyak peninggalan berupa candi. Salah satunya Candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah terpilih sebagai satu di antara tujuh keajaiban dunia. Candi yang dibangun oleh Raja Samaratungga, keturunan Wangsa Syailendra ini memiliki 72 stupa, 504 arca Buddha, dan 2.672 relief yang memukau.

6. Nusantara

Julukan Indonesia di mata dunia selanjutnya adalah Nusantara yang dikenal sejak zaman Kerajaan Majapahit. Nusantara merupakan sebutan untuk seluruh wilayah Indonesia dari ujung Sumatera sampai Papua. Ibu Kota Negara (IKN) yang sedang dibangun di Kalimantan Timur juga dinamakan Nusantara.

7. Macan Asia

Pada masa pemerintahan mantan Presiden Soeharto, Indonesia sempat mendapat dijuluki sebagai Macan Asia. Saat itu, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat disegani oleh negara lain, khususnya di kawasan Asia Tenggara meliputi sektor pembangunan, ekonomi, olahraga, dan sebagainya. Julukan ini kerap digaungkan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang ingin mengembalikan kejayaan Indonesia.

Demikianlah julukan Indonesia di mata dunia yang bisa diketahui. Cukup membanggakan bukan?
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More