Ini Julukan Indonesia di Mata Dunia, Nomor Terakhir Sering Digaungkan Prabowo

Rabu, 18 Mei 2022 - 16:12 WIB
Julukan Indonesia di mata dunia cukup beragam. Masing-masing julukan memiliki makna yang berhubungan dengan kekayaan alam hingga budaya. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Julukan Indonesia di mata dunia cukup beragam. Masing-masing julukan memiliki makna yang berhubungan dengan kekayaan alam hingga budaya. Julukan tersebut tentunya menjadi kebanggaan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan meningkatkan citra Indonesia di mata dunia.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), julukan adalah nama yang diberikan sehubungan dengan keistimewaannya dan sebagainya. Bisa juga diartikan sebagai gelar kehormatan. Julukan ini disematkan untuk mewakilkan ciri atau karakter yang dimiliki oleh seseorang, lembaga, atau wilayah.

Lalu apa saja julukan Indonesia di mata dunia? berikut ini di antaranya:

1. Negara Maritim

Dengan luas perairan sekitar 3.257.483 kilometer persegi atau lebih luas dari total daratan, Indonesia dikenal sebagai negara maritim. Julukan ini merujuk pada negara yang dikelilingi laut atau perairan yang luas. Negara maritim adalah suatu negara yang memiliki area laut yang lebih luas daripada daratan sebagai bagian dari wilayahnya.



2. Negara Kepulauan

Selain memiliki wilayah perairan yang luas, Indonesia juga terdiri dari ribuan pulau. Setidaknya Indonesia memiliki 17.000 pulau. Itulah mengapa Indonesia juga dijuluki sebagai negara kepulauan, bahkan menjadi negara kepulauan terbesar di dunia.

3. Zamrud Khatulistiwa

Julukan ini berasal dari dua kata yang digabungkan. Zamrud dan Khatulistiwa. Zamrud berarti batu permata berwarna hijau. Zamrud merujuk warna di peta dunia, di mana Indonesia memiliki warna sangat hijau. Warna ini sering digunakan untuk melambangkan vegetasi atau tumbuhan suatu wilayah. Seperti Zamrud, alam Indonesia sangat indah dan memukau.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More