Ketum PBNU Diundang Hadiri Kongres Pemimpin Dunia dan Agama di Kazakhstan

Selasa, 22 Maret 2022 - 18:48 WIB
Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf diundang menghadiri Kongres Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional ke-7 di Nur Sultan, Ibu Kota Kazakhstan. Foto/istimewa
JAKARTA - Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf diundang menghadiri Kongres Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional ke-7 di Nur Sultan, Ibu Kota Kazakhstan, pada 14-15 September 2022.

Undangan itu disampaikan langsung Duta Besar (Dubes) Kazakhstan untuk Indonesia Daniyar Sarekenov secara khusus saat berkunjung ke Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat, pada Senin (21/3/2022) pagi.

“Kami melakukan pembicaraan yang sangat menarik, khususnya terkait inisiatif Kazakhstan untuk menggelar satu konferensi yang menurut saya sangat penting yaitu konferensi agama-agama tradisional sedunia,”ujar Gus Yahya dikutip dalam laman resmi NU Online, Selasa,(22/3/2022).



Menurut Gus Yahya, kongres ini akan menjadi pertemuan yang sangat menarik. Gus Yahya berharap, keterlibatan NU di dalam kongres itu mampu memberikan kontribusi yang bermakna antara kedua negara.



“Yang tidak kalah penting, NU bisa membangun kerja sama lebih erat dengan Kazakhstan dan umat Islam di Kazakhstan, yang mayoritas Muslim juga. Mudah-mudahan ini menjadi awal dari kerja sama yang erat dan bermakna antara Kazakhstan dan NU,”ucap Gus Yahya.



Sementara itu, Dubes Kazakhstan Daniyar Sarekenov mengatakan NU sebagai organisasi Muslim terbesar di dunia. Daniyar menyebut, pertemuannya dengan Gus Yahya sangat produktif dalam membahas berbagai isu global terkait dunia Islam.

“Tujuan dari pertemuan ini untuk menawarkan undangan kepada masyarakat Indonesia berpartisipasi dalam Kongres Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional yang akan diadakan di Kazakhstan. Bersama-sama kita dapat menyatukan upaya untuk membuat dunia ini lebih baik,” katanya.

Seperti diketahui, Kongres Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional merupakan pertemuan internasional yang diadakan satu kali dalam tiga tahun di Nursultan, Kazakhstan. Kongres yang diprakarsai oleh Presiden pertama Republik Kazakhstan Nur Sultan Nazarbayev, pada 19 tahun yang lalu ini pertama kali digelar pada 23-24 September 2003.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(cip)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More