Pilpres 2024 Diprediksi Terbentuk 3 Poros Koalisi

Kamis, 23 Desember 2021 - 18:14 WIB
Pilpres 2024 mendatang diprediksi diramaikan oleh tiga poros koalisi. Tiga poros koalisi itu adalah Poros Teuku Umar, Poros Hambalang, dan Poros Cikeas. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Pilpres 2024 mendatang diprediksi diramaikan oleh tiga poros koalisi. Tiga poros koalisi itu adalah Poros Teuku Umar, Poros Hambalang, dan Poros Cikeas.

Prediksi akan adanya tiga poros koalisi ini disampaikan Ketua Dewan Pembina Laskar Ganar Puan, Mochtar Mohamad. Menurut dia, sesuai dengan Undang-Undang No 7/2017 maka Pilpres akan dilaksanakan pada 2024 bersamaan dengan Pemilu Legislatif.

Pengaruh ekor jas (coat tail effect) dari partai yang bisa mengusung capres dan cawapres akan membuat setiap partai memaksakan kadernya demi mendapatkan hasil suara maksimal di pemilihan legislatif. Sementara syarat untuk dapat mencalonkan presiden (presidential threshold) adalah 115 kursi di DPR RI.

Baca juga: Charta Politika: Ganjar Ungguli Prabowo dan Anies soal Elektabilitas Capres





Saat ini, lanjut dia, hanya PDI Perjuangan yang sudah memiliki syarat lebih dari cukup untuk mencalonkan sendiri capres dan cawapres karena memiliki 128 kursi di DPR RI. Hal inilah yang akan mempengaruhi terbentuknya poros-poros koalisi lain di Pilpres 2024.

"Akan ada tiga poros di Pilpres 2024 yakni, pertama adalah Poros Teuku Umar, Megawati Soekarnoputri. Kedua yakni Poros Hambalang, Prabowo Subianto. Ketiga yaitu Poros Cikeas, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)," kata Mochtar dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/12/2021).

Dia menjelaskan, Poros Teuku Umar yang dipimpin Megawati Soekarnoputri dengan PDI Perjuangan telah memiliki 128 kursi DPR RI dan sudah memenuhi syarat mencalonkan pasangan presiden dan wakil presiden tanpa koalisi. Partai yang bisa saja bergabung dengan PDI Perjuangan adalah partai-partai koalisi pemerintahan Jokowi yang tidak mencalonkan kadernya pada Pilpres nanti. Capres yang mungkin muncul dalam poros ini adalah Ganjar Pranowo dan Puan Maharani.

Untuk poros Hambalang, Prabowo Subianto bersama Partai Gerindra memiliki 78 kursi di DPR RI dan membutuhkan partai
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More