Harapan Indonesia Jadi Negara Pertama Bebas Covid-19 Cukup Beralasan

Rabu, 08 Desember 2021 - 14:42 WIB
Warga berjalan di jembatan penyeberangan orang (JPO) tanpa atap di Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu (20/10/2021). Foto/Antara
JAKARTA - Harapan Indonesia dapat menjadi negara pertama yang bebas dari wabah virus Covid-19 dinilai bisa terwujud. Harapan Indonesia itu dinilai cukup beralasan.

Situasi pandemi Covid-19 di Tanah Air saat ini yang cukup kondusif menjadi salah satu alasannya. Selain itu, kebijakan pemerintah dalam upaya mencegah masuknya varian baru Omicron juga dianggap begitu ketat.

"Kalau melihat dari kondisi kasus Covid-19 yang terus menurun, kemudian juga Omicron belum kelihatan ada, jadi ya cukup kondusif. Mudah-mudahan jadi negara pertama bebas Covid-19 bisa terwujud," ujar anggota Komisi IX DPR Wenny Haryanto, Rabu (8/12/2021).



Politikus Partai Golkar ini menilai kebijakan pemerintah mencegah masuknya varian baru Covid-19 cukup tegas. Warga asing yang tidak mengantongi hasil tes PCR negatif Covid-19 bisa dipulangkan ke negara asal. "Itu tegas," kata Wenny.



Namun, dia mengimbau masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5M, yakni menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan mencuci tangan.

Kesadaran menerapkan prokes juga bisa mendukung keinginan Indonesia segera keluar dari pandemi Covid-19. "Saya ngerinya sekarang orang kecenderungannya mulai santai," ujar Wenny.



Apalagi, lanjut Wenny, mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari menyebut Omicron tidak berbahaya. Wenny khawatir pernyataan Siti Fadilah itu justru membuat masyarakat menjadi lengah.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More