Sangat Mematikan, Ini 6 Pasukan Elite TNI yang Disegani Dunia

Jum'at, 26 November 2021 - 20:30 WIB
Detasemen Jalamangkara (Denjaka) merupakan detasemen penanggulangan teror aspek laut. Denjaka adalah satuan gabungan personel Kopaska dan Batalyon Intai Amfibi Marinir AL.

Pada 4 November 1982, TNI Angkatan Laut membentuk Pasukan Khusus AL (Pasusla). Tujuannya untuk menanggulangi segala bentuk ancaman aspek laut seperti terorisme, sabotase, dan ancaman lainnya. Seiring perkembangan, KSAL Laksamana TNI Mochamad Romly menyurati Panglima TNI soal keinginan membentuk Detasemen Jalamangkara atau disingkat Denjaka. Keinginan itu disetujui Panglima TNI, dan 13 November 1984 resmi Denjaka dibentuk.

Detasemen ini menjadi Satuan Antiteror di bawah Komando Pelasana Korps Marinir untuk melaksanakan operasi antisabotase, antiteror aspek laut, antibajak pesawat udara, perang kota hutan, pantai, laut dan intelijen.

Denjaka yang mengenakan seragam warna hitam dan memakai baret ungu memiliki moto Satya Wira Dharma.

4. Paskhasau



Prajurti Paskhas terjun dari pesawat. FOTO/DOK.Paskhas.mil.id


Korps Pasukan Khas merupakan satuan khusus di TNI Angkatan Udara. Paskhas adalah pasukan yang bersifat infanteri dengan format organisasi tempur yang memiliki khas bagi kebutuhan matra udara. Paskhas memiliki moto Karmanya Vadikaraste Mafalesu Kadancana yang berarti bekerja tanpa menghitung untung dan rugi.

Satuan ini berdiri atas usulan dari Gubernur Kalimantan Pangeran Insinyur Muhammad Nur yang mengajukan permintaan kepada Aweri mengirimkan pasukan payung ke Kalimantan untuk berbagai tugas pada 1947. Pada 17 Oktober 1947, 13 orang dipersiapkan untuk terjun di Kota Waringin mereka semuanya belum pernah mendapat pendidikan secara sempurna tentang terjun payung ini, kecuali teori dan latihan darat saja.

Tanggal penerjunan ini kemudian dijadikan sebagai Hari Jadi Paskhas TNI AU. Keputusan ini dibuat berdasarkan keputusan Menpan Nomor 54 Tahun 1967 tanggal 12 Oktober 1967 operasi Kota Waringin ini menjadi catatan sejarah sebagai operasi pertama pasukan payung di Indonesia.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More