Sama-sama Elite di TNI AD, Ini 6 Perbedaan Kostrad dan Kopassus

Senin, 15 November 2021 - 06:31 WIB
Kostrad dan Kopassus merupakan pasukan elite TNI AD dengan spesifikasi dan tugas yang berbeda. Foto/ist
JAKARTA - Kostrad dan Kopassus adalah dua satuan elite yang dimiliki TNI Angkatan Darat. Sejak kelahirannya, baik Kopassus maupun Kostrad telah banyak menorehkan prestasi.

Sejarah mencatat Kopassus dan Kostrad mengukuhkan eksistensinya sebagai pasukan elite dengan sukses menuntaskan tugas-tugas berat di antaranya operasi penumpasan DI/TII, operasi militer PRRI/Permesta, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, penumpasan G30S/PKI, Pepera di Irian Barat, Operasi Seroja di Timor Timur, serta berbagai operasi militer lainnya.

Kendati sama-sama bagian dari komando tempur utama, tetapi Kopassus dan Kostrad memiliki perbedaan tugas dan fungsi, serta ciri khas tersendiri. Kostrad merupakan satuan tempur dasar, sedangkan Kopassus adalah pasukan yang dipersiapkan atau dilatih khusus untuk tugas-tugas spesifik.



Berikut enam perbedaan Kostrad dan Kopassus yang diolah dari berbagai sumber.



1. Warna Baret

Baret yang digunakan pasukan Kostrad berwarna hijau sedangkan baret yang digunakan Kopassus berwarna merah sehingga sering disebut pasukan baret merah.

2. Warna Seragam

Seragam Kostrad dan Kopassus berbeda pada lorengnya. Kostrad berseragam loreng hijau tua dan cokelat tua, sedangkan Kopassus paduan warna merah darah kecokelatan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More