Rayakan 11 Tahun BNPP, Mendagri Akan Luncurkan 3 Program

Jum'at, 17 September 2021 - 00:36 WIB
Mendagri Tito Karnavian akan meluncurkan 3 program dalam puncak perayaan HUT ke-11 BNPP. FOTO/DOK.KEMENDAGRI
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) Tito Karnavian dijadwalkan meluncurkan tiga program dalam acara puncak HUT ke-11 Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) pada Jumat (17/9/2021). Program tersebut merupakan hasil kerja sama antara BNPP dengan Perpustakaan Nasional.

Sekretaris BNPP Restuardy Daud menjelaskan, tiga program yang akan diluncurkan adalah Pojok Baca Digital (POCADI) yang dibangun di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) guna meningkatkan literasi baca dan digital bagi masyarakat perbatasan.

Selanjutnya peluncuran buku 'Inovasi Sains untuk Pembangunan Perbatasan Indonesia' yang diinisiasi oleh Forum Perguruan Tinggi untuk Perbatasan Negara (Forpertas). Forum ini beranggotakan 11 perguruan tinggi negeri, dengan koordinatornya Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Buku ini sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.



Baca juga: Indonesia Rawan Bencana, Ini Kata Kepala BMKG dan BNPP kepada Megawati



Terakhir adalah program pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam rangka mendukung program Reformasi Birokrasi, serta membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, terpercaya, akuntabel, dan transparan.

"Setelah peresmian tiga program tersebut, acara akan dilanjutkan dengan webinar Perbatasan Negara Kokoh untuk Indonesia Tangguh dan Tumbuh," kata Restuardy di Kantor BNPP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/9/2021).

Restuardy mengatakan, pada acara puncak HUT ke-11, BNPP mengambil tema 'Perbatasan Negara Kokoh, untuk Indonesia Tangguh dan Tumbuh'. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam menghadapi Covid-19, sekaligus mempersipkan diri untuk melakukan loncatan pasca pandemi.

Baca juga: BNPP Mantapkan Program Prioritas Pengelolaan Perbatasan Tahun 2021
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!