Ketua MPR Ingatkan Kesederhanaan Agus Salim dan Persahabatan Bung Karno-Hatta

Rabu, 18 Agustus 2021 - 14:13 WIB


"Orang yang masih hidup lebih berhak memakai kain baru. Untuk yang mati cukuplah kain itu," kata Bamsoet menirukan ucapan Agus Salim.

"Itulah H Agus Salim yang mewakafkan dirinya untuk mengabdi kepada Sang Pencipta, bahwa memimpin itu adalah ibadah," ujar Bamsoet.

Mantan Ketua DPR ini melanjutkan, jika ingin meneladani persahabatan, Bung Karno dan Bung Hatta dapat dijadikan contoh. Meski sudah tidak bisa bersama lagi, keduanya tetap hangat dan akrab. Padahal mereka berbeda pandangan yang tak ada titik temunya tentang demokrasi. Pak Kasimo dan Pak Natsir pun demikian, keduanya bisa berboncengan naik sepeda setelah debat sengit di parlemen.

"Demikian sekelumit kisah keteladanan para pemimpin bangsa di masa lalu yang dapat menjadi inspirasi bagi kita semua, dan untuk kita teladani bersama," ucap Bamsoet.

"Akhirnya, melalui peringatan Hari Konstitusi dan Hari Lahir MPR, mari kita satukan semangat dan tujuan kita untuk senantiasa memberikan teladan dan menciptakan suasana yang baik guna menyelenggarakan tata kelola pemerintahan dan kehidupan kebangsaan yang tertib, terarah, dan damai untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," tutup Bamsoet.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More