Joe Biden Sebut Jakarta Bakal Tenggelam, Megawati: Saya Sudah Ngomong Sampai Capek

Rabu, 04 Agustus 2021 - 16:36 WIB
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri angkat bicara soal pernyataan Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang menyebut Jakarta bakal tenggelam. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Ketua Umum DPP PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri angkat bicara soal pernyataan Presiden Amerika Serikat Joe Biden terkait Ibu Kota DKI Jakarta yang diprediksi akan tenggelam 10 tahun lagi. Sebelum Joe Bidden, Mega mengaku sudah lebih dahulu mengingatkan hal yang serupa.

Megawati menegaskan, Jakarta tengah dihadapi persoalan lingkungan. Dimana, tanahnya terus mengalami penurunan. Akibatnya, air laut bisa masuk ke daratan. Sehingga membuat daratan Jakarta bisa tenggelam dengan air laut. "Mulut saya ini udah ngomong dari tahun piro itu. Jakarta ini makin hari makin turun. Saya udah ngomong sampe capek, dari zaman Pak Sutiyoso kalau enggak salah," kata Megawati dalam acara pelatihan mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami DPP PDIP yang digelar secara virtual, Rabu (4/8/2021).

Bahkan, Megawati sendiri mengaku langsung melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pernyataan Presiden Amerika tersebut. Dia menyebut, pernyataan Joe Biden menarik perhatian dari masyarakat Indonesia. "Bagus dia (Joe Biden) bisa ngomong kayak gitu, karena biasanya orang kita baru dengerin kalau orang asing ngomong. Kalau pemimpinnya sendiri ngomong di bully-bully, di bilang begini lah begitulah, betul apa piye," ujarnya.

Presiden Amerika Serikat (AS) telah menjadikan perubahan iklim sebagai salah satu agenda utamanya dan melihat isu tersebut sebagai salah satu ancaman serius tidak hanya bagi Amerika Serikat, tetapi juga dunia. Menekankan seriusnya ancaman tersebut, Biden bahkan membahas sebuah prediksi yang menyebutkan bahwa Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan akibat perubahan iklim.

“Jika, pada kenyataannya, permukaan laut naik 2,5 kaki (76 sentimeter), Anda akan melihat jutaan orang yang bermigrasi, memperebutkan tanah yang subur. Anda melihat apa yang terjadi di Afrika Utara,” kata Biden saat berpidato di Pusat Kontraterorisme Nasional AS di McLean, Virginia, Selasa (27/72021).
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(cip)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More