Muhammad Mansur Dokeng, Dewa Penyelamat dari Siklon Tropis Seroja

Kamis, 29 Juli 2021 - 10:55 WIB


Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menilai Anugerah BMKG 2021, Tokoh Inspiratif pantas diberikan kepada Muhammad Mansur Dongkeng (Pak Dewa). Penghargaan ini diberikan kepadanya berkat aksi nyata Dewa dalam menyelamatkan jiwa sekitar 120 keluarga warga Desa Oesapa, NTT.

"Berbekal informasi dari BMKG, beliau memimpin evakuasi warga desa dari ancaman Siklon Tropis Seroja. Keteladanan Pak Dewa dalam hal sadar bencana terbukti bermanfaat. Kemampuan membaca data didapat Pak Dewa dari Sekolah Lapang Cuaca Nelayan BMKG. Kisah dari Pak Dewa dan Anugerah BMKG ini diharapkan menjadi inspirasi, motivasi bagi kita agar sadar bencana untuk menuju Indonesia tangguh dan tumbuh," kata Dwikorita dalam keterangan yang diterima, Kamis (29/7/2021).

Untuk diketahui, Pak Dewa adalah alumni sekolah lapang BMKG untuk Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN). Berkat pelatihan tersebut, Pak Dewa adalah simbol keberhasilan dari apa yang diharapkan melalui pendidikan pembacaan grafis dan pemanfaatan data yang disajikan oleh BMKG dalam melihat kondisi cuaca.

"Saya tidak sempat selamatkan semua rekan, di antaranya harus meninggal di tengah laut karena tidak mendapatkan informasinya lebih dini," kata Mohammad Mansyur alias Dewa.

Meski kehilangan beberapa rekannya di laut, Dewa yang juga menjabat sebagai Ketua Komunitas Angsa Laut, telah menyelamatkan ratusan warga, berkat peringatan dini melalui pesan seluler yang ia sebarkan kepada seluruh warga, bahwa cuaca buruk akan segera datang di wilayah pesisir pantai tersebut.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More