Menguak Diplomasi Kuliner ala Bung Karno

Sabtu, 19 Juni 2021 - 07:24 WIB
Presiden Pertama RI Soekarno (Bung Karno). Foto/Wikipedia
JAKARTA - Selama ini, Soekarno atau Bung Karno dikenal sebagai tokoh politik dan pergerakan yang tangguh hingga seorang inspirator yang memiliki jiwa seni tinggi. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa Bung Karno adalah seorang presiden Indonesia yang memiliki kepedulian dan kepekaan yang besar terhadap ragam makanan Indonesia.

Hal ini diungkapkan Wiliam Wongso, seorang pakar kuliner senior pada Talkshow & Musik 'Bung Karno Series' yang digelar oleh Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDI Perjuangan, Jumat 18 Juni 2021.

" Bung Karno adalah satu-satunya presiden Indonesia yang memiliki kepekaan rasa dan perhatian yang besar terhadap kuliner daerah di Indonesia. Bahkan sebelum 1967 (tahun terbitnya buku Mustika Rasa) Bung Karno sudah mulai melakukan diplomasi gastronomi dan melalui kuliner sebagai pemersatu bangsa, dari makanan kita tahu siapa anda yang berarti makanan menggambarkan citra bangsa," ungkap Wiliam.



Sebagai presiden Indonesia yang pertama, Bung Karno sadar betul terhadap kekayaan makanan daerah sehingga menggunakan makananan sebagai identitas bangsa dalam berbagai pertemuan internasional seperti saat pelakasanaan Konferensi Asia Afrika (KAA). Dalam acara tersebut Bung Karno bahkan ikut memantau secara langsung proses pembuatan makanan oleh juru masak dan ikut memberikan masukan terhadap makanan yang akan disajikan.



Salah satu menu hidangan dalam acara tersebut adalah sate ayam. Dengan rasa bangga Bung Karno memperkenalkan hidangan khas Nusantara kepada tamu-tamu dari negara lain yang turut hadir dalam konferensi tersebut. Ibarat kata, diplomasi dibangun tidak hanya melalui panggung, namun juga efektif dilakukan di meja makan, atau disebut sebagai diplomasi gastronomi dengan menyuguhkan makanan khas Nusantara.



Wiliam menjelaskan, dengan adanya buku Mustika Rasa oleh Bung Karno, kita mampu melihat kekayaan makanan daerah di Indonesia. Saat itu Bung Karno menyambangi setiap daerah sembari mencoba langsung makanan khasnya di dapur rumah warga. Bisa dibayangkan Bung Karno seorang presiden sekaligus proklamator kemerdekaan tidak sungkan untuk jongkok di dapur warga dan menikmati masakan mereka. Dengan sifat rendah hati ini juga Bung Karno mampu mengingat bahkan mencatat secara rinci bahan yang digunakan untuk menciptakan makanan di setiap daerah hingga memberikan kesan persatuan yang erat yaitu kedekatan pemimpin dengan rakyatnya di setiap daerah yang di kunjungi.

Buku Mustika Rasa oleh Bung Karno ini memiliki tebal hingga 1.123 halaman sekaligus menjadi buku kuliner paling tebal di Indonesia. Saat pembuatannya Bung Karno memberikan kesempatan langsung kepada setiap kepala dan perwakilan daerah hingga siapa pun yang bisa mengontribusikan makanan khas daerahnya untuk berpartisipasi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More