Kemendagri Ungkap Puluhan Daerah dengan Indeks Inovasi Terendah, Mana Saja?

Kamis, 17 Juni 2021 - 10:10 WIB
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni. FOTO/DOK.KEMENDAGRI
JAKARTA - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) Agus Fatoni mengungkapkan terdapat 5 provinsi yang memiliki nilai indeks inovasi terendah. Lalu terdapat 55 kabupaten dan 3 kota yang tidak dapat dinilai inovasinya (disclaimer).

Fatoni mengatakan, rendahnya skor indeks tersebut dipengaruhi berbagai faktor. Salah satunya dipicu kurang maksimalnya Pemda dalam melakukan pelaporan inovasi. Sering kali, Pemda tidak memenuhi persyaratan yang diberikan, kendati daerah tersebut sejatinya memiliki berbagai terobosan kebijakan.

"Bisa jadi pemerintah daerah memiliki inovasi yang cukup banyak, tapi tidak dilaporkan atau bisa saja dilaporkan tapi tidak evidence based dan ditunjang data-data pendukung yang ada," katanya dikutip dari pers rilis Puspen Kemendagri, Selasa (17/6/2021).

Baca juga: Jokowi Beri Kewenangan Pemda Bentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah





Agus meminta agar pemda yang memperoleh hasil skor indeks rendah untuk segera berbenah. Para kepala daerah diminta melakukan langkah strategis dengan jajarannya. Di antaranya dengan menyinergikan perangkat daerah untuk melahirkan inovasi. Di sisi lain, peran dan fungsi litbang daerah harus diperkuat untuk mendukung terobosan kebijakan melalui pengkajian dan penelitian.

"Kolaborasi dengan para aktor inovasi juga wajib dilakukan. Selain itu tiap perangkat daerah harus menumbuhkan budaya inovasi," tutur Fatoni.

Berikut daftar pemerintah daerah dengan kategori kurang inovatif dan disclaimer hasil penilaian Indeks Inovasi Daerah 2020:

Baca juga: Inovasi Daerah Bangkitkan Ekonomi
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :