Dewan Pers Sebut UKW Bukan untuk Membatasi Karier Jurnalis

Kamis, 18 Maret 2021 - 12:04 WIB
Suasana kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) MNC Media yang dilaksanakan bekerja sama dengan Dewan Pers di Ballroom Hotel Sari Pan Pacific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (18/3/2021). Foto/Carlos Roy Fajarta
JAKARTA - Dewan Pers menyebut pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tidak dimaksudkan untuk membatasi level atau jenjang karier seorang jurnalis di sebuah perusahaan media.

Hal tersebut ditekankan Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers Dewan Pers Arief Zulkifli seusai membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diadakan oleh MNC Media bekerja sama dengan Dewan Pers di Ballroom Hotel Sari Pan Pacific Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (18/3/2021).

"Kita berterima kasih kepada pihak-pihak yang membantu kita sehingga Uji Kompetensi Wartawan bisa berjalan dengan baik. Uji kompetensi pada akhirnya bermanfaat untuk mengukur dan menstandarkan kemampuan dasar wartawan," ujar Arief Zulkifli.





Dia mengatakan, pada dasarnya di Dewan Pers sertifikasi kompetensi seorang jurnalis dibagi menjadi tiga level yakni level muda, madya, dan utama. "Pemimpin redaksi selayaknya dipilih dari level utama, jadi setiap level ada tolok ukurnya," ungkap Arief Zulkifli.

Ia menambahkan, untuk wartawan atau jurnalis yang belum mengikuti Uji Kompetensi Wartawan Dewan Pers agar bisa mengikuti UKW sesuai bidang profesi masing-masing baik untuk televisi, cetak, maupun online.



"Wartawan yang belum memiliki sertifikasi kita sarankan mengikuti uji kompetensi walaupun sudah menjalankan tugas mereka dengan baik. Bukan maksud membatasi mereka, tapi agar mereka menjalankan tugas dengan standar yang lebih baik lagi," tandas Arief Zulkifli.

Sebelumnya, Direktur Pemberitaan News Gathering MNC Media Apreyvita Dyah Wulansari menyebutkan pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diikuti oleh 52 jurnalis MNC Media pada 18-19 Maret 2021 di Ballroom Hotel Sari Pan Pacific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, sebagai salah satu upaya meningkatkan kapasitas kemampuan jurnalis di MNC Media.
(zik)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More