Menko PMK Minta K/L Fokuskan Anggaran untuk Bantu Masyarakat

Sabtu, 18 April 2020 - 04:30 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy. Foto: Okezone/Dok
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menekankan kepada kementerian dan lembaga (K/L) yang berada di bawah koordinasinya agar memfokuskan anggaran untuk membantu masyarakat menghadapi wabah virus Corona (Covid-19).

Menurut Muhadjir, refocusing anggaran harus digunakan untuk mendukung pananganan Covid-19 sesuai dengan bidang tugas kementerian/lembaga tersebut. "Terutama menyangkut hal-hal yang dibutuhkan dan menjawab keluhan masyarakat," kata Muhadjir kepada wartawan, Jumat (17/4/2020).

Muhadjir setuju realokasi anggaran beberpa K/L yang semula digunakan untuk perjalanan dinas dan paket meeting dialihkan pada hal yang dibutuhkan masyarakat dalam pandemi Covid-19, seperti Kemensos yang memberikan paket bantuan sembako; Kemenag yang akan menyalurkan bantuan untuk penguatan madrasah dan lain-lain menghadapi Corona.

Kemudian Kemendikbud yang membantu fakultas pendidikan dan kesehatan serta pekerja seni/budaya, dan Kemendes untuk inisiasi relawan desa, dan lain sebagainya.

"Saya mengingatkan lagi bahwa semangat Bapak Presiden adalah agar masyarakat yang ekonominya langsung terdampak akibat Covid-19, harus diutamakan," tegas dia.



Menko PMK telah membentuk Tim Monev (Monitoring dan Evaluasi) yang beranggotakan para Deputi/Staf Ahli yang mendapat tugas khusus menguatkan peran pengendalian atas pelaksanaan kebijakan-kebijakan K/L lingkup PMK dalam penanganan Covid-19.

"Saya minta setiap K/L menugaskan satu pejabat eselon 1 untuk bergabung dalam tim pengendali tersebut untuk melakukan supervisi sehingga kebijakan yang dilaksanakan dapat terpantau dan dilaporkan secara periodik," pungkasnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(thm)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More