Duka Bencana di Tengah Pandemi

Senin, 18 Januari 2021 - 06:06 WIB
Terkait hal ini, Kepala BNPB Doni Monardo menegaskan, harus ada pemisahan penanganan pengungsi antara kelompok rentan dengan kelompok berusia muda. Kelompok rentan yang dimaksud adalah mereka yang berusia lanjut, memiliki penyakit komorbid, ibu hamil, dan balita.

Adapun dalam jangka panjang, penanganan bencana alam seyogianya dilakukan dengan menganalisis potensi dan persoalan mulai dari hulu hingga hilir. Cara ini seharusnya tidak sulit karena pemerintah sudah memiliki data terkait penataan lingkungan dan tata ruang wilayah.

Selain itu, pemerintah harus mampu menjelaskan soal tudingan sejumlah pihak yang menyebut bahwa area kawasan hutan di Kalimantan banyak mengalami kerusakan. Apakah benar separah yang dituduhkan? Dalam konteks ini, para pemangku kepentingan harus bisa mengerahkan semua perangkatnya agar terungkap kondisi yang sesungguhnya.

Kita tentu berharap peristiwa bencana alam ini tidak lagi terjadi dan menelan korban jiwa. Untuk itu, mitigasi menjadi kata kunci agar kita bisa mengantisipasi potensi bencana yang mungkin terjadi di kemudian hari.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(bmm)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More