Jadikan Putri Ma'ruf Amin sebagai Wasekjen, Bukti Demokrat Rangkul NU

Jum'at, 17 April 2020 - 08:26 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto/Dok SINDOnews
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Public Institut (IPI) Karyono Wibowo menilai tentu ada tujuan Partai Demokrat menjadikan Siti Nur Azizah menjadi salah satu wasekjen. Boleh jadi, hal itu merupakan strategi untuk menjalin hubungan dengan Nahdlatul Ulama (NU) dan tentu saja menjalin hubungan baik dengan Wapres Kiai Ma'ruf Amin, ayah Siti Nur Azizah.

Karyono menyebut, posisi Azizah yang bertengger di deretan elite partai bisa menjadi simbol atau ikon politik di Demokrat. "Azizah yang kini menjadi kandidat Wali Kota Tangerang Selatan itu menjadi salah satu ikon politik yang bisa menjadi narasi bahwa Demokrat merangkul NU," ujar Karyono, Jumat (17/4/2020).

Lanjut Karyono, selain membangun relasi personal tentu saja ada target untuk menggaet ceruk pemilih di kalangan nahdliyin yang jumlahnya diklaim sekitar 90 jutaan. Maka wajar jika Demokrat dan sejumlah partai mengakomodir tokoh-tokoh NU untuk menjadi 'vote getter' atau pengepul suara pemilih.

Ia menilai, dalam dinamika kontestasi pemilu di Indonesia, khususnya sejak NU tidak lagi menjadi partai politik, organisasi massa Islam terbesar itu bagaikan 'putri cantik' yang menjadi rebutan karena memiliki daya pikat luar biasa. Maka, NU selalu masuk dalam pusaran politik nasional karena memiliki magnet politik yang kuat. "Tak terkecuali Demokrat, yang telah terpikat dengan NU," tuturnya. ( ).

Pertanyaannya kemudian, kata Karyono, apakah dengan memasukkan sosok Siti Nur Azizah akan mampu memiliki daya pikat di kalangan nahdliyin? Tentu saja masih perlu diuji, seberapa besar magnet Azizah mampu memikat pemilih nahdliyin untuk meningkatkan suara Demokrat.



Dia menambahkan, untuk mendongkrak perolehan suara tentu saja tidak sekadar mengandalkan aspek ketokohan figur, karena banyak variabel yang menjadi faktor naik turunnya suara. Terlebih, jika melihat peta sebaran dukungan kaum nahdliyin terhadap partai politik dalam pemilu relatif cair. Artinya, pilihan kaum nahdliyin telah tersebar ke sejumlah partai. ( ).

"Memang dari sekian partai, yang paling kental NU-nya adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) karena partai tersebut memang didirikan oleh ulama NU. Tetapi jika disimak dari peta sebaran pemilih kaum nahdliyin sejatinya telah menyebar ke pelbagai partai," pungkasnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(zik)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More