Kamu Wajib Tahu, Vaksinasi Efektif Hingga 95% Mencegah Penyakit Menular

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 13:39 WIB
Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Pakar Imunisasi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sekaligus Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) Sri Rezeki S. Hadinegoro mengungkapkan bahwa vaksinasi atau imunisasi dengan menyuntikkan vaksin ke dalam tubuh seseorang akan memberikan kekebalan tubuh terhadap penyakit hingga 95%.

"Dengan imunisasi atau vaksinasi juga bisa untuk memutus transmisi penyakit menular. Sebanyak 80% hingga 95% mencegah penyakit menular lewat imunisasi," ungkap Sri dalam diskusi 'Vaksin untuk Negeri' yang digelar secara virtual, Sabtu (31/10/2020).

Sri menjelaskan bahwa imunisasi atau vaksinasi merupakan pemberian vaksin ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tersebut. "Tujuan imunisasi adalah upaya mencapai eradikasi dan mengurangi penyakit infeksi berat," katanya.

( ).

Vaksin, lanjut Sri, juga berguna untuk mencegah penyakit infeksi yang jahat. "Dengan vaksinasi maka akan mencegah agar masyarakat terpapar sehingga kebal terhadap beberapa penyakit," tambah Sri.



Sri mengatakan, ada beberapa penyakit yang hanya bisa dicegah dengan vaksinasi seperti campak, difteri, polio, dan rubella. "Vaksin bekerja untuk mengurangi risiko infeksi dengan melatih sistem imun dalam mengenal dan melawan patogen atau virus dan bakteri. Vaksin akan menghantarkan imunogen yang spesifik," jelasnya.( ).
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(zik)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More