Perdebatan Ilmiah yang Salah Ruang

Minggu, 30 Agustus 2020 - 09:49 WIB
Dr Firman Kurniawan S, pemerhati budaya dan komunikasi digital dan pendiri LITEROS.org,
Dr Firman Kurniawan S

Pemerhati budaya dan komunikasi digital dan pendiri LITEROS.org,



INSTITUSI
pemeringkat universitas di seluruh dunia, banyak jenisnya. Juga dengan hasil peringkat yang tak seragam. Bahkan ketakseragaman itu bisa menyolok posisinya.

Tentu ini merupakan hasil yang terbawa oleh perbedaan indikator penilaian dari masing-masing institusi. Times Higher Education World University Ranking 2019-2020, menempatkan Oxford University (UK) sebagai peringkat pertama.



Berikutnya, California Institute of Technology (USA), University of Cambridge (UK), Stanford University (USA) dan Massachusetts Institute of Technology (USA).

Universitas di Inggris dan Amerika, mendominasi urutan 1-5 secara ketat. Sedangkan peringkat yang dirilis Webometric Ranking of World University, Juli 2020, menempatkan peringkat pertama hingga kelima: Harvard University, Stanford University, Massachusetts Institute of Technology, University of California Berkeley, University of Washington.

Kelimanya berlokasi di USA. THES, The Higher Education Suplement, yang memuat informasi peringkat universitas dunia itu, merupakan sisipan tahunan Majalah TIMES yang disusun di London.

Sedangkan Webometric Rank merupakan inisiatif Lab. Cybermetric di bawah The Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), yang berkantor pusat di Madrid, Spanyol. Tak terlihat ada bias negara, dalam menentukan peringkat universitas dunia itu.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More