Kabinet Besar, Efisiensi Wajib?

Senin, 28 Oktober 2024 - 07:53 WIB
Dalam konteks ini, kolaborasi yang kuat antara lembaga sangat penting agar tujuan bersama dapat dicapai dengan lebih efektif, meskipun kementerian memiliki peran dan prioritas masing-masing. Pasalnya, dengan banyaknya kementerian yang memiliki program serupa, risiko terjadinya tumpang tindih program atau overlapping semakin besar.

Hal ini bisa berdampak pada ketidakefisienan, baik dari segi anggaran maupun alokasi sumber daya manusia. Apabila tidak ada koordinasi yang kuat, program-program yang sebenarnya saling melengkapi justru bisa berjalan sendiri-sendiri, menyebabkan pemborosan sumber daya. Oleh sebab itu, perencanaan yang matang dan keterbukaan antarlembaga menjadi kunci utama.

Salah satu solusi utama untuk meningkatkan koordinasi adalah dengan meningkatkan keterbukaan data dan akses informasi antara kementerian terkait. Integrasi data memungkinkan setiap kementerian memiliki gambaran yang jelas mengenai program dan capaian kementerian lain. Selanjutnya, informasi yang tersedia dapat digunakan secara sinergis untuk menghindari overlapping dan memastikan setiap kementerian bekerja secara komplementer, tidak saling bersaing atau mengulang tugas yang sama.

Selain itu, keterbukaan dan perencanaan yang terukur akan “memaksa” setiap kementerian untuk duduk bersama dan berdiskusi secara rutin. Forum semacam ini berfungsi sebagai wadah bagi kementerian dan lembaga untuk menyelaraskan program, menetapkan prioritas, dan memastikan bahwa setiap tujuan nasional dapat dicapai tanpa adanya friksi antarlembaga. Melalui rapat bersama yang terstruktur, setiap pihak dapat memberikan masukan dan mendiskusikan langkah-langkah taktis untuk program-program tertentu.

Pengurangan overlapping program juga memerlukan perubahan dalam budaya kerja birokrasi. Budaya kerja yang lebih transparan dan kolaboratif harus ditanamkan di seluruh jajaran kementerian dan lembaga. Pemerintah dapat merumuskan kebijakan yang mendorong kerja sama lintas sektor, di mana indikator keberhasilan setiap program dinilai berdasarkan kontribusinya terhadap pencapaian tujuan bersama, bukan hanya capaian individu kementerian. Semoga.
(jon)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More