Mendes PDTT: Lewat P2KTD Desa Bakal Partisipasi dalam Program Makan Bergizi Gratis

Minggu, 27 Oktober 2024 - 23:55 WIB
Mendes PDT Yandri Susanto berharap desa bisa berpartisipasi dalam Program Makan Bergizi Gratis. Foto/istimewa
JAKARTA - Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Mendes PDT) Yandri Susanto berharap desa bisa berpartisipasi dalam Program Makan Bergizi Gratis (MBG). Yandri menyambut positif langkah Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) turut berpartisipasi mendukung Program MBG tersebut lewat layanan teknis yang disediakan P2KTD.

Dengan peran P2KTD yang terintegrasi dalam program nasional, desa-desa menjadi ujung tombak percepatan peningkatan gizi dan pengentasan stunting, sekaligus mendukung capaian RPJMN 2025–2029.

"Desa-desa dapat mengembangkan mekanisme distribusi yang efisien untuk menyukseskan Program MBG, khususnya dalam penyaluran makanan bergizi ke sekolah-sekolah, pesantren, dan lembaga pendidikan di desa," kata Mendes Yandri dalam pembukaan acara Pelatihan Tim Verifikasi P2KTD, Minggu (27/10/2024)





Dukungan ini memperkuat tujuan nasional dalam menekan angka stunting dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Kolaborasi BUMDes untuk Penyediaan Pangan Lokal Bergizi: P2KTD memfasilitasi desa untuk berdayakan BUMDes dan BUMDesMA dalam penyediaan bahan pangan lokal yang sehat dan bergizi.

Hal ini sejalan dengan alokasi anggaran Rp71 triliun pada tahap awal Program MBG dan memastikan bahwa desa dapat berpartisipasi aktif dalam distribusi pangan bergizi, menciptakan nilai tambah bagi ekonomi lokal.

Hingga 2 Oktober 2024, total Progres BUM Desa berjumlah 54.891, terdiri dari BUM Desa yang sudah mendaftar nama berjumlah 27.597 dan BUM Desa yang sudah mendaftar Badan Hukum berjumlah 27.294.



Total Progres BUM Desa Bersama berjumlah 3.362, terdiri dari BUM Desa Bersama yang sudah mendaftar nama berjumlah 2.948 dan Bum Desa Bersama yang sudah mendaftar Badan Hukum berjumlah 414.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More