Hari Ini Herindra Disahkan sebagai Kepala BIN dalam Rapat Paripurna DPR

Kamis, 17 Oktober 2024 - 06:54 WIB
Herindra akan disahkan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang baru dalam rapat paripurna DPR pada hari ini, Kamis (17/10/2024). Foto/Istimewa/Wikipedia
JAKARTA - DPR akan menggelar rapat paripurna pada hari ini, Kamis (17/10/2024). Rapat itu digelar untuk mengesahkan Wakil Menteri Pertahanan Herindra sebagai Kepala Badan Intelijen Negara ( BIN ) yang baru.

"InsyaAllah paripurna untuk menyatakan terkait dengan kesiapan bahwa calon kepala BIN yang akan datang ini, kita akan lakukan paripurnanya besok hari Kamis," kata Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2024).

Puan menjelaskan, pimpinan DPR akan mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai rapat paripurna. Ia pun menyerahkan sepenuhnya pelantikan Herindra menjadi Kepala BIN pada pemerintah.





"Setelah (paripurna) ini kemudian akan saya atau pimpinan DPR berkirim surat kepada pemerintah bahwa nanti pelantikannya itu kapan, kami akan serahkan kepada pemerintah," tutur Puan.

Sebelumnya, DPR menyepakati usulan pemerintah agar M Herindra diangkat sebagai Kepala BIN. Kesepakatan diambil setelah pimpinan DPR dan fraksi menggelar uji kelayakan dan kepatutan secara tertutup terhadap Herindra pada Rabu (16/10/2024) siang.

Puan mengatakan, pihaknya telah sepakat untuk menerima usulan calon tunggal Kepala BIN yakni Herindra. Bahkan, kata Puan, DPR sepakat Herindra bisa dilantik oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

"Dinyatakan kami terima untuk bisa dilantik pada waktunya oleh presiden yang nantinya akan dilantik pada tanggal 20 Oktober yaitu Presiden Prabowo Subianto," terang Puan usai uji kelayakan dan kepatutan.
(rca)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More