3 Letjen TNI Kelahiran Jawa Tengah, Nomor 1 Rekan Seangkatan Panglima TNI

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 06:22 WIB
Sejumlah perwira tinggi berpangkat Letjen TNI aktif diketahui merupakan kelahiran Jawa Tengah. Foto/istimewa
JAKARTA - Sejumlah perwira tinggi (Pati) berpangkat Letjen TNI aktif diketahui merupakan kelahiran Jawa Tengah (Jateng). Salah satunya menduduki jabatan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Letnan Jenderal (Letjen) merupakan salah satu pangkat TNI yang masuk kelompok Perwira Tinggi (Pati). Pangkat ini ditandai dengan bintang tiga di pundak seragam militer dan setingkat lebih tinggi dari Mayor Jenderal (Mayjen) atau bintang 2.

Saat ini, ada sederet tentara berpangkat Letjen TNI yang mengemban jabatan berbeda-beda. Beberapa di antaranya diketahui sebagai kelahiran Jawa Tengah. Siapa saja mereka?



Letjen TNI Kelahiran Jawa Tengah:



1. Letjen TNI Tandyo Budi Revita

Letjen TNI Tandyo Budi Revita merupakan salah seorang Pati TNI Angkatan Darat (AD). Saat ini, ia menjadi orang nomor dua di TNI AD karena tugasnya sebagai Wakil KSAD.

Jabatan Wakil KSAD didapat Tandyo pada Februari 2024. Waktu itu, ia menggantikan Letjen Arif Rahman yang memasuki masa pensiun.

Tandyo lahir pada 21 Februari 1969 di Surakarta, Jawa Tengah. Ia diketahui sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) 1991 dan satu angkatan dengan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto yang juga lulus pada 1991.

Sebelum menjadi Wakil KSAD, Tandyo lebih dulu menjadi Pangdam IV/Diponegoro. Posisi itu ditempati setelah menggantikan Widi Prasetijono yang diangkat menjadi Dankodiklatad pada Desember 2023.

Selain itu, Tandyo juga banyak menduduki jabatan strategis lain. Sebut saja Dir Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan (2018-2019), Dirrah Komhan Ditjen Strahan Kemhan (2019-2021) hingga Kabadiklat Kemhan (2021-2023).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More