Mendagri Dorong Pengembangan Gim di Daerah untuk Buka Lapangan Kerja

Senin, 07 Oktober 2024 - 20:49 WIB
Tito menyebut, infiltrasi budaya asing masuk ke Indonesia bisa memengaruhi nasionalisme warga negara melalui berbagai gim. Hal ini bisa ditangani dengan menghadirkan pahlawan (hero) nasional di dalam gim. Apalagi ketika gim lokal Indonesia bisa mendunia, semisal di kawasan ASEAN, maka akan bisa memengaruhi pertaruhan budaya dan ideologi berpikir.

“Menampilkan superhero nasional, wisata nasional, daerah Indonesia. Ini akan menjadi promosi yang sangat bagus sekali dan juga membuka wawasan nasionalisme kita,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan, kegiatan ini merupakan sosialisasi untuk mendorong gim lokal Indonesia. Untuk itu, perlu ada rencana aksi 2025 oleh para kepala daerah yang diturunkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2026-2029. Hal ini selaras dengan amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional.

Sandiaga berharap, industri gim yang akan diproyeksikan bisa menyumbang keuntungan miliaran dolar ini bisa berperan aktif dan menjadi pemain global yang diperhitungkan untuk menciptakan kesejahteraan di Indonesia Emas 2045.

“Kami ingin mengapresiasi Pak Mendagri serta seluruh Pj. gubernur, wali kota, bupati yang hadir, atas arahan Pak Menkomarves bahwa percepatan Perpres 19/2024, ini kita launching hari ini di Kemendagri dan hadir 500 lebih kepala daerah, 552 [kepala daerah offline dan online], dan juga total partisipannya yang hadir hampir 4.000,” ujarnya.
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More