Letkol Ricky Tacomariyanto Raih Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2024

Senin, 23 September 2024 - 16:17 WIB
Letkol Laut (P) Ricky Tacomariyanto, perwira menengah TNI AL meraih penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka dari Perpusatakaan Nasional (Perpusnas) RI. Foto/istimewa
JAKARTA - Letkol Laut (P) Ricky Tacomariyanto, perwira menengah TNI AL meraih penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka dari Perpusatakaan Nasional (Perpusnas) RI. Penghargaan tersebut diterima Letkol Ricky atas dedikasinya dalam membangun literasi di Tanah Air.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perpustakaan Nasional E. Aminudin Aziz pada acara “Gemilang Perpustakaan 2024” yang dilaksanakan pada Jumat 20 September 2024 di Balai Sudirman Jakarta.

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 166 Tahun 2024 tentang Penetapan Penerima Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka Tahun 2024 menetapkan Komandan KRI Teluk Weda 526 Satfib Koarmada III Letkol Laut (P) Ricky Tacomariyanto sebagai Penerima Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka untuk kategori Pegiat Literasi.





Letkol Ricky merupakan Inisiator pembuatan perpustakaan terapung pertama di KRI Teluk Weda-526. Awalnya, Letkol Ricky bertugas di wilayah Indonesia Timur tepatnya di Sorong, Papua pada 2004-2005. Saat itu dia melihat banyak anak yang tidak dapat sekolah.

Melihat kondisi tersebut, Letkol Ricky yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-48 Tahun 2002, menginisiasi membuat sesuatu yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.



Letkol Ricky terinspirasi ketika melaksanakan pendidikan Ecole de Guerre (France War College) atau Sesko di Perancis di mana anak-anak memiliki minat baca yang luar biasa dan pemerintah luar negeri juga mendukung buku-buku yang berkualitas untuk meningkatkan minat baca anak.

Saat kembali ke Tanah Air, Letkol Ricku berharap pendidikan dapat diberikan secara merata kepada anak-anak di seluruh Indonesia, khususnya di pesisir Indonesia Timur.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More