Daftar Panglima Kodam Aktif di Pulau Jawa, Terbaru Mayjen TNI Dadang Arif Abdurahman

Rabu, 18 September 2024 - 17:42 WIB
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono serahterimakan enam jabatan strategis di lingkungan Kodam IV/Diponegoro di Serambi Kehormatan, Makodam. Kamis (4/5/2023). FOTO/TNI AD
JAKARTA - Sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI yang aktif menjabat Panglima Kodam ( Pangdam ) di Pulau Jawa . Salah satunya baru ditunjuk setelah mutasi TNI pada pertengahan September 2024.

Pangdam merupakan singkatan dari Panglima Komando Daerah Militer yang bertugas memimpin Kodam, komando utama pembinaan dan operasional kewilayahan TNI AD. Kodam merupakan unit strategis yang bertanggung jawab atas pembinaan kesiapan operasional seluruh komandonya serta melaksanakan operasi pertahanan aktif di wilayah darat sesuai dengan kebijakan Panglima TNI. Seorang Pangdam berpangkat Mayor Jenderal (Mayjen TNI) atau jenderal bintang 2.

Melihat daftarnya, ada 15 Komando Daerah Militer (Kodam) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sebagian di antaranya berada di Pulau Jawa. Masing-masing adalah Kodam III/Siliwangi (Bandung), Kodam IV/Diponegoro (Semarang), Kodam V/Brawijaya (Surabaya), dan Kodam Jaya (Jakarta).





Daftar Panglima Kodam di Pulau Jawa

1. Mayjen TNI Dadang Arif Abdurahman, Pangdam III/Siliwangi



FOTO/IST

Mayjen TNI Dadang Arif Abdurahman merupakan salah seorang perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat. Ia bertugas sebagai Panglima Kodam III/Siliwangi.

Melihat ke belakang, jabatan Pangdam III/Siliwangi baru didapat setelah mutasi TNI September 2024. Ia diplot sebagai pengganti Mohammad Fadjar yang beralih menjadi Dankodiklat TNI.

Sekelumit tentang Dadang, ia adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) 1991. Sebelum ditunjuk untuk memimpin Kodam III/Siliwangi, ia sempat menjadi Koorsahli Panglima TNI (2023-2024).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More