Kunjungan Paus Fransiskus Momentum Wujudkan Kerukunan Antarumat Beragama

Kamis, 05 September 2024 - 19:37 WIB
Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia juga menyiratkan tentang baiknya hubungan Indonesia dengan Vatikan. Hubungan kedua negara ini dapat menjadi simbol persatuan dalam perbedaan, mengingat Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, dan Vatikan adalah negara yang menjadi pusat keagamaan Katolik.

Menurut Prof Sahiron, relasi Indonesia dengan Vatikan sejauh ini sangat baik. Hubungan yang baik ini harus dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi kedua negara.

Dalam mengelola perbedaan antarumat beragama, Prof Sahiron berharap agar Indonesia bisa semakin dewasa dan kuat terhadap terpaan isu-isu yang bernuansa politis dan mampu memicu polarisasi. Indonesia harus bisa menjadi role model bagi dunia akan keberhasilannya dalam mengelola perbedaan keyakinan diantara warga negaranya.

"Agar toleransi terus meningkat, diharapkan aktivitas-aktivitas positif, seperti dialog antarumat beragama, penguatan moderasi beragama, dan lain sebagainya, dapat dilaksanakan secara masif dan lebih efektif," katanya.
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More