Pendiri Sekolah Penghapal Al-Qur'an Gratis dan Guru Al-Qur'an Tuli Diberangkatkan Umrah

Selasa, 03 September 2024 - 19:21 WIB
Komisaris Independen Insight Investments, M Jani menyampaikan penghargaan umrah gratis yang diberikan kepada Kamidi dan 43 sosok inspiratif lainnya merupakan bentuk apresiasi dan penghormatan atas keikhlasan dan kontribusi mereka dalam memajukan pendidikan, berkontribusi sosial, serta membantu komunitas yang membutuhkan.

“Penghargaan umrah tahunan dari Insight Investments ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berasal dari Reksa Dana Insight Haji Syariah (I-Hajj Syariah Fund) diharapkan akan mampu mendorong lebih banyak orang untuk terlibat aktif dalam kegiatan sosial, kemasyarakatan, pendidikan, serta terus berkontribusi positif dalam membangun komunitas yang lebih baik,” ungkap Jani.

Dengan diberangkatkannya jemaah pada 28 Agustus 2024 ini, program rangkaian ibadah umrah 2024 telah memberangkatkan lebih dari 100 jemaah. Secara keseluruhan, sejak 2005, Reksa Dana I-Hajj Syariah Fund yang dikelola Insight Investments telah memberangkatkan hampir 900 jemaah kurang mampu untuk berangkat menunaikan ibadah haji dan umrah ke Tanah Suci.

Selain Kamidi, Adika Hario Nugroho asal Salatiga yang kini berdomisili di Bekasi juga mendapatkan penghargaan umrah gratis dari Insight IM. Adika berbagi kisah perjuangannya sebagai teman tuli yang meskipun menghadapi tantangan besar karena kondisi fisiknya, namun tidak lantas menjadi hambatan untuk mengejar impian dan membantu komunitasnya.

“Saya tuli sejak kecil dan belajar di Sekolah Luar Biasa (SLB) di Salatiga. Namun, di SLB, kami tidak mendapat pemahaman yang memadai tentang kondisi kami. Setelah lulus SMA, saya bekerja sebagai tukang kayu, kemudian sebagai chef di sebuah kafe, hingga akhirnya saya menemukan makna hidup saya saat mengajar di The Little Hijabi Institute,” tutur Adika.

The Little Hijabi Institute, sekolah pertama di Indonesia yang didirikan oleh seorang Teman Tuli, menggunakan bahasa isyarat sebagai sarana komunikasi utama bagi anak-anak dan orang tua. Pada institusi ini, Adika mengajar kelas bahasa isyarat Muslim kepada mahasiswa Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA), calon ustaz-ustazah dan juga mengisi kelas kisah dalam isyarat kepada para orang tua dan mahasiswa secara luas.

Bersama The Little Hijabi Institute, Adika sedang mengembangkan bahasa isyarat khusus Islam melalui Project Isyarat Cahaya. Ia juga membantu dalam penyuntingan, ilustrasi, dan peraga isyarat untuk kamus dan video isyarat Islam. Adika berharap institusi ini dapat memiliki studio untuk menerjemahkan kajian Islam, memproduksi buku kisah Islam dalam video isyarat, serta membuka kelas bahasa isyarat di sekolah-sekolah umum.

Baik Kamidi maupun Adika, sangat terharu dan bersyukur atas kesempatan umrah yang diberikan oleh Insight Investments. Keduanya berharap bahwa penghargaan ini tidak hanya menjadi pengakuan atas usaha mereka tetapi juga bisa menjadi inspirasi bagi orang lain untuk terus berbuat baik dan membantu sesama, meskipun dalam keterbatasan
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More