Sambut HUT ke-79 RI, Mahfud MD Ajak Anak Bangsa Contoh Para Mutiara Republik

Kamis, 15 Agustus 2024 - 12:07 WIB
"Itu Sjafruddin, pemimpin-pemimpin dulu loh, Menteri Keuangan loh ini, Gubernur BI, yang bisa tahu kebijakan tentang perubahan-perubahan nilai uang itu bisa dia buat kapan saja, tapi tetap saja dalam keadaan miskin dia. Kita tidak harus seperti dia caranya, ekstremnya, tapi orang jangan terlalu tamak, jangan makan kalau itu bukan haknya," kata Mahfud.

Selanjutnya sosok Kapolri Jenderal Hoegeng yang menolak diberi ajudan, mobil dinas, suap, dan fasilitas berlebihan. Lalu, ada sosok Mar'ie Muhammad atau dikenal sebagai Mr Clean yang pernah dilarang masuk Istana oleh Paspampres karena memakai mobil yang jelek.

Kemudian, Ketua BPK Billy Yudono yang memajang cek-cek yang dikirim kepadanya di ruang tamu dengan bingkai, lengkap dengan pengirimnya. Selain itu, ada Presiden Gus Dur yang tidak cuma hidup sederhana, tapi mampu menanamkan nilai-nilai ke semua putrinya.

Mantan Anggota DPR RI itu merasa, tokoh-tokoh seperti itu sepantasnya jadi teladan hidup bernegara. Maka itu, Mahfud mengajak agar tidak lelah mencintai Indonesia karena terbukti mampu melahirkan panutan-panutan yang bersih, berani, dan bekerja untuk kepentingan rakyat.

"Sekarang, mari, mumpung ada momentum, perbaiki, munculkan itu semua seperti tokoh-tokoh Bung Karno, Bung Hatta, Hoegeng, Suprapto, Sjafruddin, Natsir, dan sebagainya. Bisa mencontoh dan rakyat tidak boleh dibuat putus asa, pemimpin kita itu banyak yang baik-baik, tinggal dimunculkan saja, diberi peran," pungkas mantan Menteri Pertahanan tersebut.
(rca)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More