Angkatan Udara AS dan TNI AU Rampungkan Latihan Cope West 2024

Selasa, 30 Juli 2024 - 16:45 WIB
Para penerbang Angkatan Udara Pasifik AS dan Angkatan Udara Indonesia (TNI AU) telah menggelar Cope West 2024. Ini merupakan sebuah latihan mobilitas bilateral. Foto/Istimewa
JAKARTA - Para penerbang Angkatan Udara Pasifik AS dan Angkatan Udara Indonesia ( TNI AU ) telah menggelar Cope West 2024. Ini merupakan sebuah latihan mobilitas bilateral, di Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh di Malang, Indonesia, pada 22-26 Juli.

Sekitar 25 penerbang AS berlatih bersama personel TNI-AU dalam latihan ini. Meskipun abu dari aktivitas gunung berapi membatasi kemampuan peserta untuk melakukan latihan taktis yang direncanakan, kedua angkatan udara ikut terlibat dalam pertukaran para pakar (SMEE) di bidang keamanan pangkalan, pemeliharaan operasi, dan topik medis seperti kedokteran dirgantara dan evakuasi aeromedis.

"Tahun ini menandai peringatan ke-75 hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Indonesia-sebuah hubungan yang didasarkan pada komitmen kami bersama terhadap nilai-nilai demokrasi dan pluralisme serta tatanan berbasis aturan," ungkap Brigadir Jenderal Angkatan Udara AS, Brian S Laidlaw saat upacara penutupan Cope West.





"Latihan Cope West memberikan kesempatan berharga bagi Angkatan Udara Pasifik AS dan TNI-AU untuk membangun hubungan ini dan berlatih bersama setiap tahun," tambahnya.

Brian S Laidlaw mengungkapkan, pihaknya menghargai latihan tersebut dan mendapat kesempatan untuk meningkatkan dan memperluas persahabatan dan kemitraan strategis.

"Meningkatkan interoperabilitas, dan meningkatkan kemampuan kolektif kami untuk mencapai misi kami sebagai kekuatan angkatan udara," jelasnya.

Pada latihan ini, Angkatan Udara Pasifik AS, berkoordinasi dengan komponen, sekutu, dan mitra lainnya, membekali Komando Indo-Pasifik AS dengan kemampuan udara, ruang angkasa, dan ruang siber yang tak tertandingi secara terus menerus untuk menegakkan tatanan internasional berbasis aturan serta memastikan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Cope West merupakan kegiatan rutin yang pertama kali diadakan pada 1989. Tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-11 Cope West di Indonesia.
(maf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More