Megawati Sebut Hukum di Indonesia Diobrak-abrik Kekuasaan

Selasa, 30 Juli 2024 - 16:28 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menghadiri acara Mukernas Partai Perindo hari kedua, Selasa (30/7/2024) bertempat di Gedung I News Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. FOTO/MPI/ALDHI CHANDRA
JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menilai Komisi Pemberantas Korupsi ( KPK ) telah diobok-obok penguasa. Dia menilai KPK saat ini telah diintervensi dalam penanganan kasus.

Hal itu disampaikan Presiden ke-5 RI dalam pidato kebangsaan di acara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Partai Perindo, di Jakarta Concert Hall, Jakarta Pusat, Selasa (30/7/2024). Awalnya, Megawati menyinggung Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto untuk tidak takut saat diperiksa oleh KPK oleh penyidik AKBP Rossa Purbo Bekti. Kemudian Megawati menganggap pemeriksaan terhadap Hasto itu tak sesuai aturan dan hanya menjadi alat penguasa.

"Sekarang hukum itu diobrak-abrik kekuasaan," kata Megawati.



Kemudian, Megawati menyinggung mengingatkan bahwa hukum tak boleh diinterventi kekuasaan. KPK harus berdiri teguh sesuai cita-cita pembentukannya memberantas korupsi.

Megawati juga menceritakan perannya dalam pembentukan sejumlah lembaga penegak hukum, termasuk MK dan KPK. Namun, saat ini ia menyayangkan penegakan hukum kerap diobrak-abrik penguasa.

"Yang bikin MK siapa? Betul kalau nggak percaya buka, yang bikin KPK saya," katanya.

(abd)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More