TNI Siap Kirim Ribuan Pasukan ke Gaza, Begini Faktanya

Jum'at, 07 Juni 2024 - 15:49 WIB

3. Masing-masing Pasukan Punya Fungsi

Masing-masing bagian dari Brigade Komposit memiliki fungsinya masing-masing. Sebagai contoh, dua kapal yang disiapkan nantinya adalah KRI dr. Radjiman dan KRI dr. Soeharso.

Adapun alasannya karena kedua kapal itu mampu memberikan perawatan bagi masyarakat setempat (Gaza) yang terdampak konflik. Kemudian, ada pula Batalyon Zeni yang diharapkan mampu merehabilitasi konstruksi bangunan.

Lalu, Batalyon Perbekalan juga dapat membuat dapur umum. Sedangkan Batalyon Support difungsikan untuk melakukan pengamanan selama misi berlangsung.

4. Masih Butuh Persiapan Administrasi

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menerangkan bahwa personel dan materil pasukan sudah dilengkapi. Namun, masih perlu persiapan dari kebutuhan administrasi yang akan ditindaklanjuti.

Maka dari itu, TNI sudah melakukan rapat koordinasi dengan beberapa Kementerian terkait untuk menindaklanjutinya. Sebut saja seperti Kemhan, Kemlu, Kemenkes, dan lainnya.

5. Manfaat Kehadiran TNI di Gaza

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menekankan bahwa pengiriman pasukan perdamaian dari TNI ke Gaza, dilakukan apabila mendapat mandat dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Masalah ini masih terus dikoordinasikan dengan pihak terkait sampai sekarang.

Lebih jauh, ada beberapa manfaat dari kehadiran TNI di Gaza, baik untuk warga Palestina maupun Indonesia sendiri.

Sementara di sisi TNI, hal tersebut bisa mewujudkan pengakuan internasional berupa kontribusi dalam pasukan penjaga perdamaian. Selain itu, pengiriman pasukan juga menjadi wujud dari penguatan diplomasi sesuai dalam Pokok Pokok Kebijakan Panglima TNI 2024 yaitu TNI yang PRIMA.

Itulah sederet fakta terkait TNI yang siap kirim pasukan ke Gaza.
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More