25 Contoh Nilai Kemanusiaan dalam Kehidupan Sehari Hari

Jum'at, 22 Maret 2024 - 20:53 WIB
Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan bantuan sembako kepada warga Barombong, Kota Makassar. Memiliki sikap peduli terhadap orang lain merupakan salah satu nilai kemanusiaan. Foto/IST
JAKARTA - Contoh nilai kemanusiaan dalam artikel ini perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu merupakan bagian dari mengamalkan nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila.

Nilai kemanusiaan merupakan salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila, tepatnya dalam sila ke-2 yang berbunyi 'Kemanusiaan yang Adil dan Beradab'. Salah satu nilai inilah yang dapat dijadikan pedoman hidup bagi setiap masyarakat Indonesia.

Dalam jurnal bertajuk "Pengintegrasian Nilai Nilai Kemanusiaan dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar", nilai kemanusiaan (Human Values) terdiri dari Kebenaran, Kebajikan, Kedamaian, Kasih Sayang, dan Tanpa Kekerasan merupakan nilai-nilai yang relevan dengan nilai-nilai karakter bangsa. Secara umum, nilai kemanusiaan berkaitan dengan nilai etika atau moral menyangkut kelakuan dan perbuatan manusia yang sesuai dengan norma.



Karena merupakan salah satu nilai dalam Pancasila, membuat nilai kemanusiaan ini wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara Indonesia.



25 Contoh Nilai Kemanusiaan

1. Memiliki sikap peduli terhadap orang lain

2. Membantu orang tanpa pandang bulu

3. Berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan

4. Mendukung dan ikut aktif dalam mengadakan bakti sosial
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More