Kriminolog UI Nilai BNPT Berhasil Kurangi Indoktrinasi Radikalisme di Masyarakat

Sabtu, 30 Desember 2023 - 22:51 WIB
Catatan BNPT menunjukan tak ada satupun aksi teror yang meletus di Indonesia selama 2023. Sepanjang tahun, Densus 88 Antiteror Polri juga mengamankan 148 tersangka terduga aksi terorisme di berbagai daerah di Indonesia.

Adrianus juga menggarisbawahi upaya deradikalisasi yang dilakukan BNPT. Menurut Adrianus, deradikalisasi ini masih menjadi salah satu hipotesis yang terus menerus dikejar. Adrianus mendorong agar seluruh praktisi yang ada di BNPT semakin berusaha agar hasil dari segala upayanya dapat terkonfirmasi.

Adrianus juga berpesan agar semua pihak lebih mempersiapkan diri menghadapi tahun politik 2024. Pasalnya, dua dari tiga kelompok rentan terpapar radikalisme dan terorisme, yakni remaja dan perempuan akan terlibat aktif dalam hajatan politik. Karenanya, pesan-pesan positif perlu terus digalakkan agar pemilu yang aman dan berkualitas bisa terlaksana.

"Untuk itu maka kita perlu berikan pesan-pesan positif kepada mereka agar dalam rangka mengikuti pemilu tersebut bisa betul-betul dengan kesadaran dan jauh dari kemungkinan terpengaruh lewat media sosial terutama, sehingga kemudian harapan kita melihat pemilu yang bermutu bisa terealisasi," ucapnya.
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More