Petenis 15 Tahun Ini Belum Berhenti Beri Kejutan di Melbourne

Rabu, 17 Januari 2018 - 14:07 WIB
Petenis 15 Tahun Ini Belum Berhenti Beri Kejutan di Melbourne
Petenis 15 Tahun Ini Belum Berhenti Beri Kejutan di Melbourne
A A A
MELBOURNE - Petenis belia Marta Kostyuk belum berhenti melakukan kejutan di ajang grand slam Australia Terbuka 2018. Petenis berusia 15 tahun 6 bulan itu mampu menginjakkan kakinya di babak ketiga dalam debutnya di Melbourne.

Sejak laga kualifikasi, Kostyuk, yang merupakan juara Australia Terbuka Junior tahun lalu, tercatat mencetak 11 kemenangan beruntun di Melbourne. Pada babak pertama, pemain asal Ukraina itu menjungkalkan unggulan nomor 25, Peng Shuai dari China 6-2, 6-2.

Selanjutnya, giliran petenis wildcard tuan rumah, Olivia Rogowska (26 tahun) yang disingkirkan Kostyuk. Dalam laga yang digelar di lapangan Margaret Court Arena, Rabu (17/1), Kostyuk mengempaskan Rogowska dua set langsung 6-3, 7-5.

Kostyuk langsung bermain agresif sejak awal permainan. Dia tampak tidak gentar kendati pendukung tuan rumah terus memekikkan dukungan kepada Rogowska dengan yel-yel "Aussie... Aussie... Aussie..."

Berkat hasil positif atas Rogowska itu, Kostyuk, yang berkebangsaan Ukraina, akan bertemu dengan senior senegaranya, Elina Svitolina di babak ketiga. Sebelumnya, Svitolina, yang menempati unggulan keempat, susah payah memulangkan Katerina Siniakova 4-6, 6-2, 6-1.

Saat menaklukkan Peng Shuai, Kostyuk pun telah membukukan rekor sebagai petenis termuda yang memenangkan pertandingan di Australia Terbuka sejak Martina Hingis pada 1996.

Selain itu, gadis kelahiran 28 Juni 2002 tersebut juga mencatatkan diri sebagai petenis termuda yang berhasil meraih kemenangan di event grand slam sejak Catherine Bellis di AS Terbuka 2014.

Kostyuk juga menjadi pemain termuda pertama yang mampu melewati fase kualifikasi untuk menembus babak utama grand slam sejak Sesil Karatantcheva di Australia Terbuka 2005.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8658 seconds (0.1#10.140)