Ubah KRI Teluk Weda-526 Jadi Perpustakaan Terapung, Letkol Ricky T Raih Penghargaan

Senin, 11 Desember 2023 - 20:40 WIB
Ubah KRI Teluk Weda-526 jadi perpustakaan terapung, Letkol Laut (P) Ricky Tacomariyanto perwira TNI AL meraih penghargaan tingkat nasional. Foto/Dispenal
JAKARTA - Komandan KRI Teluk Weda-526, Letkol Laut (P) Ricky Tacomariyanto perwira TNI Angkatan Laut (AL) meraih penghargaan tingkat nasional Festival Music dan Budaya Anak Indonesia..

Kegiatan yang diinisiasi oleh Simfoni Bintang Kecil dengan tema ”Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia” ini diselenggarakan di Jakarta Internasional Stadium, Sabtu, 9 Desember 2023.

Letkol Ricky mendapat penghargaan dengan kategori sebagai Anak Bangsa Pemerkasa. Penerima penghargaan merupakan orang-orang yang berjasa bagi kemajuan anak-anak generasi muda bangsa Indonesia, termasuk di antaranya Titiek Puspa, Kak Seto, Purwa Caraka Susi Susanti, Najwa Shihab, Raffi Ahmad, Putri Ariani dan sejumlah nama besar lainnya.



Letkol Ricky merupakan Inisiator Perpustakaan Terapung Pertama di KRI Teluk Weda-526, di mana salah satu indikator dari kemajuan suatu bangsa adalah tingkat kecerdasan, tingkat minat membaca dari generasi penerus bangsa tersebut. Letkol Ricky melihat bahwa minat baca maupun tingkat belajar generasi penerus bangsa ini masih kurang. Hal tersebut yang mendasari dalam pembuatan perpustakaan terapung.



Saat bertugas di wilayah Indonesia Timur tepatnya di Sorong, Papua pada 2004-2005, Letkol Ricky melihat di sana banyak anak yang tidak dapat sekolah di usia mereka, hingga tidak memiliki biaya untuk sekolah. "Padahal seharusnya mereka mengenyam pendidikan, harusnya mereka sekolah agar bisa membaca dan mengenal angka,” ucapnya, Senin (11/12/2023).



Melihat kondisi tersebut, Letkol Ricky yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-48 pada 2002, menginisiasi membuat sesuatu yang baru yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Letkol Ricky mengaku terinspirasi ketika melaksanakan pendidikan Ecole de Guerre di Prancis di mana anak-anak memiliki minat baca yang luar biasa dan pemerintah luar negeri juga mendukung buku-buku yang berkualitas untuk meningkatkan minat baca anak.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More