20 Contoh Negara Kesatuan dan Serikat, Simak dan Pahami

Kamis, 07 Desember 2023 - 13:38 WIB
Ada dua konsep pembentukan negara yang cukup dikenal, yaitu negara kesatuan dan negara serikat. Foto/Freepik
JAKARTA - Contoh negara kesatuan dan serikat perlu dipahami agar tidak keliru. Sebab, konsep pembentukan negara kesatuan dan negara serikat terdapat sejumlah perbedaan.

Sistem pemerintahan dalam dunia ini sangat bervariasi. Ada dua konsep pembentukan negara yang cukup dikenal, yaitu negara kesatuan dan negara serikat.

Kedua model tersebut memiliki perbedaan signifikan dalam struktur pemerintahannya dan cara pengaturan kekuasaan antara pemerintah pusat dan entitas lokal. Berikut ulasannya.

Contoh Negara Kesatuan



Negara kesatuan memiliki pemerintahan yang sentralistik. Artinya, kekuasaan utama terpusat di pemerintah pusat, dan entitas lokal atau daerah mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.





Di dalam negara kesatuan, biasanya ada sedikit otonomi bagi daerah atau provinsi dalam membuat keputusan politik. Hukum yang berlaku di seluruh negara umumnya ditetapkan oleh pemerintah pusat dan dijalankan secara konsisten di seluruh wilayah negara tersebut.

Meskipun beberapa negara kesatuan memiliki tingkat otonomi yang berbeda-beda bagi entitas lokalnya, keputusan utama dan kebijakan umum ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Berikut contoh negara kesatuan:
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More