Daftar Panglima TNI dari Masa ke Masa, Mulai Jenderal Soedirman hingga Jenderal Agus Subiyanto

Senin, 27 November 2023 - 11:47 WIB
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 22 November 2023. Foto/Aldhi Chandra Setiawan
JAKARTA - Panglima TNI merupakan pemimpin tertinggi militer yang punya tanggung jawab besar. Sampai saat ini sudah ada 23 nama yang telah menduduki posisi tertinggi di militer Indonesia tersebut.

Panglima TNI terbaru adalah Jenderal Agus Subiyanto yang baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 22 November 2023. Ini menambah daftar panjang sebagai panglima yang berasal dari matra Angkatan Darat.

Dengan dilantiknya Jenderal TNI Agus Subiyanto, secara total sudah ada 17 perwira tinggi TNI dari Angkatan Darat yang menjadi Panglima TNI. Sisanya adalah tiga dari Angkatan Laut dan tiga dari Angkatan Udara.

Untuk saat ini rata-rata lama masa jabatan Panglima TNI hanya sekitar 1 sampai 2 tahun saja. Namun, jika menengok ke belakang pada era kemerdekaan, terdapat sejumlah Panglima yang bisa menjabat sampai 4 hingga 5 tahun.





Sebut saja seperti Jenderal Maraden Panggabean yang menjabat sekitar 5 tahun, atau Jenderal Soeharto yang menjabat lebih dari 4 tahun.

Daftar 23 Panglima TNI dari Masa ke Masa

1. Jenderal Soedirman



Salah satu Pahlawan Nasional RI ini menjabat sebagai seorang Panglima di era kemerdekaan, tepatnya pada 12 November 1945 hingga 26 Januari 1950. Pria asal Purbalingga ini berasal dari Angkatan Darat.

2. Jenderal TB Simatupang

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More