Mahfud MD Cawapres Paling Disukai Gen Z

Kamis, 02 November 2023 - 14:44 WIB
Mahfud MD menjadi bakal cawapres 2024 yang paling banyak disukai generasi Z atau mereka yang akan menjadi pemilih pemula pada Pilpres 2024. FOTO/DOK.MPI
JAKARTA - Mahfud MD menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) 2024 yang paling banyak disukai generasi Z atau mereka yang akan menjadi pemilih pemula pada Pilpres 2024. Hal ini terpotret dari hasil survei yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Pendiri SMRC, Saiful Mujani menjelaskan, pihaknya sengaja mengukur bagaimana segmentasi generasi melihat para bakal cawapres yang telah didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Salah satu segmen yang paling disorot belakangan ini adalah generasi Z dan generasi milenial yang angkanya cukup besar sebagai pemilih di Pilpres 2024.

"Ternyata lebih tinggi (Mahfud) dibanding Cak Imin untuk Gen Z-nya. Bahkan dibandingkan dengan Gibran, orang yang generasi lebih muda pun itu, ternyata lebih suka Mahfud daripada Gibran sendiri," katanya dalam rilis survei bertajuk 'Kuliatas Cawapres di Mata Publik' yang disiarkan di channel YouTube SMRC TV, Kamis (2/11/2023).





Dalam data yang dipaparkan, tingkat kesukaan Mahfud MD sebesar 83%. Sementara, Gibran mendapatkan persentase sebesar 79%. Sedangkan, Muhaimin Iskandar memperoleh angka sebesar 61%.

"Saya tidak melihat ada subjektivitas generasi di situ. Orang suka sama Mahfud bukan karena Mahfud tua atau muda, berarti ada faktor yang lain. Demikian juga sama Gibran, suka sama Gibran bukan karena dia muda, mungkin juga karena ada faktor yang lain," ujarnya.

"Oleh karena itu, generasi menjadi tidak penting untuk menjelaskan dukungan terhadap tiga calon wakil presiden ini," katanya.



Survei SMRC dilakukan pada 2-8 Oktober 2023. Survei melibatkan sebanyak 1.620 responden. Adapun, tingkat toleransi kesalahan atau margin of error yang diterapkan sebesar ±2,5%, pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.
(abd)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More