Perlunya SDM yang Merata untuk Pembangunan yang Menyeluruh di Daerah

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 18:12 WIB
Binus University bersama Binus ASO (School of Engineering), mengadakan Engineering Day. Foto/Istimewa
JAKARTA - Untuk pembangunan yang menyeluruh di setiap daerah maka diperlukan lulusan sumber daya manusia (SDM) yang merata. Hal ini salah satunya dengan keberadaan lulusan insinyur.

Pandangan ini mengemuka kegiatan yang digelar Binus University bersama Binus ASO (School of Engineering), mengadakan Engineering Day.

"Para mahasiswa dapat menawarkan ide dan solusi kreatif bermacam-macam masalah di dunia nyata. Tak hanya hasil akhir berupa prototipe produk yang kasat mata, para partisipan juga diminta menunjukkan proses penciptaan ide dan produk dari awal sampai akhir," kata Head of Product Design Engineering Program, Yosica Mariana, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/10/2023).



Sekretaris Indonesian Engineer Association, Bambang Goeritno pernah mengatakan dalam sebuah forum diskusi, bahwa menjadi seorang engineer membutuhkan kemampuan untuk berpikir logis, disiplin, kreatif.

"Serta menguasai pengetahuan akan ilmu pasti (Matematika). Pelajaran-pelajaran tersebut perlu dipupuk sejak dini agar siapa pun berani mewujudkan mimpinya menjadi engineer," kata Bambang.

Binus University dan Binus ASO Membuat Acara Engineering Day untuk Menjawab Kebutuhan Industri

Melihat kebutuhan akan insinyur atau lulusan dari bidang teknik yang cukup tinggi, Binus University bersama Binus ASO kemudian membuat acara Engineering Day yang melibatkan berbagai bidang teknik.

Beberapa di antaranya adalah Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Komputer, Teknik Pangan, Bioteknologi, Otomotif dan Robotik, Teknik Produk dan Desain, serta Business Engineering.

Selain menghadirkan banyak pilihan program expo, Binus juga mengadakan kegiatan tur kampus. Sehingga, audiens yang bergabung bisa tahu seluk-beluk kampus BINUS yang dapat menarik minat calon mahasiswa baru.

Bahkan, ada juga pemaparan program beasiswa serta makan siang gratis bagi audiens yang sudah mendaftarkan dirinya mengikuti Engineering Day 2023. Engineering Day: Acara Tahunan dari Binus University.

Acara ini sebenarnya sudah diadakan rutin setiap tahunnya. Contohnya, pada 2022 lalu kampus Binus juga sudah melaksanakan kegiatan ini, bahkan diikuti dengan agenda pemberian short course untuk anak-anak SMA yang mendaftar.
(maf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More