20 Contoh Pengamalan Sila ke-1 Pancasila di Kehidupan Sehari-hari

Kamis, 26 Oktober 2023 - 10:41 WIB
Sila ke-1 Pancasila menunjukkan bahwa individu dan masyarakat memiliki hak untuk memilih dan menjalankan agama sesuai dengan keyakinan mereka. Foto/Dok. SINDOnews
JAKARTA - Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia yang terdiri dari lima sila. Sila-sila ini membentuk dasar filsafat dan panduan bagi warga negara Indonesia dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Pengamalan Pancasila merujuk pada upaya untuk menerapkan prinsip-prinsip Pancasila dalam kehidupan, baik pada tingkat individu, kelompok, maupun institusi negara.



Dalam setiap sila dari Pancasila memiliki nilai-nilai yang terkandung dengan makna yang berbeda. Ini bisa menjadi pedoman bagi masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Makna Sila ke-1 Pancasila





Sila pertama dalam Pancasila adalah "Ketuhanan Yang Maha Esa." Sila ini mengandung makna bahwa bangsa Indonesia percaya dan mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa.



Meskipun Pancasila menjamin kebebasan beragama dan tidak memihak pada satu agama tertentu, sila ke-1 menegaskan bahwa prinsip dasar negara adalah kepercayaan kepada Tuhan.

Pancasila menghormati kebebasan beragama. Sila ke-1 Pancasila menunjukkan bahwa individu dan masyarakat memiliki hak untuk memilih dan menjalankan agama sesuai dengan keyakinan mereka.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More