3 Jenderal TNI yang Pernah Bertugas Menangani Konflik di Israel, Salah Satunya Mantan Penasehat Khusus Presiden

Selasa, 17 Oktober 2023 - 12:12 WIB
Terdapat sejumlah jenderal TNI yang pernah bertugas di Timur Tengah ketika terjadi konflik Israel dengan beberapa negara Arab. Foto/Istimewa
JAKARTA - Terdapat tiga j enderal TNI yang pernah bertugas di Timur Tengah ketika terjadi konflik Israel dengan beberapa negara Arab. Mereka bertugas di dalam Pasukan Perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Menurut catatan Kementerian Pertahanan terkait Misi Global TNI, kerusuhan yang terjadi di berbagai belahan dunia menyebabkan PBB menjalankan operasi pemeliharaan perdamaian (Peacekeeping Operations – PKO).

Dari situ beberapa prajurit militer Indonesia akan ada yang menjadi delegasi untuk melaksanakan tanggung jawab di wilayah konflik.

Jenderal TNI yang Pernah Bertugas Menangani Konflik di Israel



1. Letjen TNI (Purn.) Rais Abin





Letjen TNI Rais Abin yang lahir pada 15 Agustus 1926 merupakan salah satu tokoh militer dan politik Indonesia. Selama berkarier di militer, dirinya sempat dipercaya menjadi Panglima Pasukan Perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Timur Tengah di tahun 1973.



Pada tahun 1973 silam sempat terjadi salah satu pertempuran besar dalam sejarah Timur Tengah antara Israel dengan Mesir dan Suriah, yakni Perang Yom Kippur.

Ketika diminta menjadi Panglima Pasukan Perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Timur Tengah, dirinya tengah menjabat sebagai Wakil Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More